Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan Game Jcross Pada Mapel IPS Kelas VIII di SMPN 1 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014


ENI DWI RAHAYU, 1102410033 (2014) Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan Game Jcross Pada Mapel IPS Kelas VIII di SMPN 1 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan Game Jcross Pada Mapel IPS Kelas VIII di SMPN 1 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014]
Preview
PDF (Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir dengan Game Jcross Pada Mapel IPS Kelas VIII di SMPN 1 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai kombinasi strategi peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) dengan game jcross pada mapel IPS kelas VIII ini disajikan untuk menjawab fenomena adanya persepsi bahwa mapel IPS dianggap sebagai pelajaran kelas dua. Disadari atau tidak, proses pendidikan di sekolah sekarang porsinya masih lebih pada aspek kognitif atau transfer of knowledge saja, kadangkala peserta didik mempraktikkan “ 5 D “ yaitu Datang, Duduk, Dengar, Diam, dan bahkan mungkin Dengkur. Guru masih terbiasa menjadikan peserta didiknya pendengar yang baik karena guru masih yakin bahwa satu-satunya cara untuk mengajar dengan cepat adalah menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk memperoleh temuan empiris tentang perbedaan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mapel IPS kelas VIII SMPN 1 Winong antara kelas yang pembelajaran menggunakan kombinasi SPPKB dengan game jcroos dan kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode kombinasi SPPKB dengan game jcroos. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan kombinasi SPPKB dengan game jcross pada kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa kombinasi SPPKB dengan game jcross pada kelas kontrol, pada mapel IPS, kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, membuktikan adanya perbedaan partisipasi belajar dan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok kontrol memiliki partisipasi belajar baik (50%) dan cukup baik (50). Sedangkan kelas eksperimen untuk partisipasi belajar kategori baik( 71,875%) dan sangat baik (28,125%). Menurut uji t pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Paired Samples T-Test diperoleh thitung = 2,481 dan sig. sebesar 0,001. Bila dibandingkan dengan ttabel dk pembeda 31 dan dk penyebut 31, taraf kesalahan 5% maka diperoleh ttabel sebesar 2,042. Karena thitung > ttabel yaitu 2,481>2,042, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Dari hasil tersebut maka disarankan perlunya variasi pembelajaran dalam kelas, salah satunya dengan penerapan kombinasi SPPKB dengan game jcross

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Jcross, SPPKB, Partisipasi belajar, hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:10
Last Modified: 03 Jun 2014 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item