PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 3 MAGELANG
Faya Sukma Putri, 7101407303 (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 3 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 3 MAGELANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana utama dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat prestasi yang diraih oleh siswa. Hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa perolehan nilai akuntansi belum mencapai hasil yang maksimal. Pada observasi awal yang dilakukan ditemukan jika siswa masih belum mempunyai kecerdasan emosional dan kepercayaan diri yang tinggi. Siswa masih tidak dapat menahan emosi terhadap apa yang terjadi pada diri dan lingkungan sekitarnya. Siswa masih kurang percaya diri ketika menyampaikan hasil presentasi dan menjawab pertanyaan dari siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 3 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional dan kepercayaan diri untuk siswa serta dokumentasi SMA Negeri 3 Magelang. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen, dengan persamaan , dengan Y (prestasi belajar), X1 (kecerdasan emosional) dan X2 (kepercayaan diri). Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 3 Magelang baik secara simultan maupun parsial. Hasil secara simultan terlihat dari perhitungan SPSS yang menunjukkan jika F hitung (51,024) > F tabel (3,097698). Secara parsial dilihat dari perhitungan program SPSS yang menunjukkan jika t hitung (9,210) > t tabel (1.986674) untuk kecerdasan emosional dan t hitung (2,199) > t tabel (1.986674) untuk kepercayaan diri. Simpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar jika kecerdasan emosional dan kepercayaan diri siswa tinggi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktorfaktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang belum diungkap dalam penelitian ini. Orang tua diharapkan dapat memberi masukan dan dorongan positif kepada anaknya untuk melakukan kegiatan yang bisa mengembangkan kepribadian dan prestasi belajar dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Serta bagi siswa sendiri agar dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya dan mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2014 13:52 |
Last Modified: | 26 May 2014 13:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20018 |
Actions (login required)
View Item |