PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA LAPANGAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG TAHUN 2012/2013
Khamdan Tohir, 6101408157 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA LAPANGAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA LAPANGAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG TAHUN 2012/2013)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Sepakbola adalah salah satu pembelajaran di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum berjalan optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarnya. Permasalahan karena dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan model permainan sepakbola lapangan lingkaran pada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Semarang dapat berjalan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model permainan sepakbola lapangan lingkaran pada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research-based development) oleh Brog dan Gall meliputi: (1)Melakukan penelitian pendahuluan (2)Mengembangkan produk awal berupa (peraturan permainan sepakbola lapangan lingkaran) (3)Evaluasi ahli menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi kemudian dianalisis, (4)Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan sebagai perbaikan terhadap produk uji coba kelompok kecil yang dibuat oleh peneliti yang berjumlah 10 siswa. Revisi digunakan untuk perbaikan untuk pembuatan produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5)Uji coba lapangan (skala besar) 26 siswa, (6)Revisi produk akhir dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan (skala besar), (7)Hasil akhir pengembangan model permainan sepakbola lapangan lingkaran pada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03, yang dihasilkan melalui uji skala besar dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran) uji kelompok kecil 10 siswa putra, dan uji coba lapangan 26 siswa SD Negeri Pakintelan 03 Semarang. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah deskkiptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Data hasil uji coba skala kecil diperoleh data evaluasi ahli ahli Penjas yaitu 81,33, dengan kategori (baik), ahli Pembelajaran I 92% (sangat baik), dan ahli Pembelajaran II 86,67% (baik). Sehingga pengembangan model permaianan sepakbola lapangan lingkaran dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomendasikan bagi guru pendidikan jasmani di SD untuk dapat menggunakan produk permainan sepakbola lapangan lingkaran dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan sepakbola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2014 13:53 |
Last Modified: | 26 May 2014 13:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20010 |
Actions (login required)
View Item |