UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT PADA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG


Agustina Cahya Dewi , 330140909115 (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT PADA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT PADA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT PADA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan kemampuan dan kepribadian individu. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah keberhasilannya diukur oleh prestasi siswa. SMK PL Tarcisius 1 Semarang sebagai lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan berupaya untuk mencapai keberhasilan pembelajaran baik akademik maupun non akademik, sehingga dapat menghasilkan siswa yang berprestasi. Maka dari itu sekolah senantiasa berupaya untuk meningkatkan prestasi siswa. Melalui berbagai cara yang dilakukan oleh SMK PL Tarcisius 1 Semarang yaitu salah satunya dengan adanya peraturan/tata tertib yang menggunakan sistem reward dan punishment. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan prestasi siswa melalui reward dan punishment pada siswa SMK PL Tarcisius 1 Semarang (2) untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dan pendukung dalam peningkatan prestasi siswa melalui reward dan punishment. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMK PL Tarcisius 1 Semarang. Fokus penelitian ini adalah upaya peningkatan prestasi siswa yang meliputi prestasi akademik dan non akademik, faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan prestasi siswa di SMK PL Tarcisius 1 Semarang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru mata pelajaran, guru ekstrakurikuler dan siswa. Sumber data sekundernya adalah literatur, arsip, hasil penelitian terkait yang relevan dengan masalah yang diteliti, dokumentasi pribadi berupa foto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan validitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Triangulasi Sumber sebagai teknik pemeriksaan data. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis yang digunakan dengan 4 tahap antara lain (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya peningkatan prestasi siswa melalui reward dan punishment pada siswa SMK PL Tarcisius 1 Semarang adalah pelaksanaannya secara rutin dan terprogram pada kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler. Reward diberikan pada siswa dalam aktif kepanitiaan di sekolah, berperan aktif di luar untuk memajukan sekolah, berperan aktif di masyarakat atau organisasi kemasyarakatan yang mengembangkan kepribadian anak, menjadi petugas upacara, menjadi pengurus kelas, menang dalam lomba mewakili sekolah, membantu dan mengingatkan teman sejawat, berperan aktif dalam kegiatan sekolah, tidak menambah pelanggaran selama satu bulan dengan point yang berbeda tiap jenis prestasi yang diraih. Punishment diberikan pada siswa dalam kerajinan, kerapian, sikap dan tanggung jawab siswa dengan point yang berbeda tiap jenis pelanggaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan prestasi siswa melalui reward dan punishment, meliputi (1) faktor pendukung, (a) dukungan sekolah dan dukungan guru menjadi faktor pendukung dalam memperlancar upaya peningkatan prestasi siswa, (b) dorongan seorang guru untuk memotivasi siswa mencapai prestasi dan membentuk peserta didik lebih berkarakter menjadi faktor pendukung dalam kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler, (c) sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang upaya peningkatan prestasi siswa. (2) faktor penghambat, (a) lingkungan yang dapat memberikan dampak negatif, (b) kurangnya kesadaran dalam diri siswa membuat siswa tidak mempunyai kemauan untuk maju dan berkembang dalam meraih prestasi, (c) kurangnya komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagi Guru, untuk semua guru diharapkan bisa konsisten dalam memantau dan melaporkan perkembangan point reward dan punishment setiap siswa. Sehingga bisa menindaklanjuti dengan membimbing siswa yang berpoint punishment tinggi untuk bekerjasama dengan wali kelas, BK dan orang tua siswa. 2) Bagi Sekolah, sekolah diharapkan memberikan sosialisasi kepada semua guru untuk mendukung para siswa dalam meraih point reward dan mengawasi siswa yang mendapat point punishment.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Siswa, Reward dan Punishment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2014 14:28
Last Modified: 29 Apr 2014 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item