KEEFEKTIFAN METODE PENANAMAN MORAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG


Efta Shufiyati, 3301409027 (2013) KEEFEKTIFAN METODE PENANAMAN MORAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE PENANAMAN MORAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE PENANAMAN MORAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peranan yang penting dalam upaya mendidik anak didik atau peserta didik menjadi anak yang tidak hanya bermain sambil belajar maupun belajar sambil bermain tetapi juga memiliki moral yang tinggi, suatu kualitas yang kurang mendapat perhatian dalam sistem pendidikan nasional. Pentingnya pendidikan untuk anak usia dini dalam menyiapkan manusia Indonesia seutuhnya, dan membangun masa depan anak–anak dan masyarakat Indonesia seluruhnya yakni melalui pendidikan anak usia dini dalam penanaman nilai-nilai moral yang bermuatan pendidikan karakter sejak usia dini. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) seberapa efektifkah metode penanaman nilai moral yang bermuatan pendidikan karakter bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang? (2) bagaimanakah metode penanaman moral bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang? (3) kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru atau pendidik dalam menggunakan metode penanaman moral kepada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) keefektifan metode penanaman nilai moral yang bermuatan pendidikan karakter bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang, (2) metode penanaman moral bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang, (3) kendala yang dihadapi guru atau pendidik dalam menggunakan metode penanaman moral kepada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian di Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang yang jumlah siswa usia 4-5 adalah 34 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan observasi kepada kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) keefektifan metode penanaman moral bermuatan pendidikan karakter bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini dengan kategori tinggi (63,63%), (2) metode penanaman moral yang bermuatan pendidikan karakter bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di kota Semarang menggunakan metode bernyanyi, metode bercerita, metode tanya jawab, metode pembiasaan dalam perilaku, dan metode karya wisata, (3) kendala yang dihadapi guru atau pendidik dalam menggunakan metode penanaman moral kepada anak usia dini adalah faktor internal berupa penggunaan metode bercerita terutama alat peraga dan buku cerita. Sedangkan faktor eksternal berupa kurang sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, kesulitan anak untuk mengikuti perintah orang tua di rumah terutama nilai agama dan moral. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) bagi pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah terutama fasilitas penunjang dan media pembelajaran untuk meningkatkan kemajuan perkembangan peserta didik, (2) bagi pihak orang tua siswa mempunyai motivasi tinggi untuk memenuhi pendidikan anak sejak usia dini dengan diterapkan nilai-nilai agama dan moral yang dapat berpengaruh pada masa depan anak di masa mendatang, (3) bagi anak hendaknya harus dapat memahami dan menjalankan apa yang diajarkan dan dinasehatkan oleh orang tua, agar anak dapat mempunyai nilai-nilai agama dan moral dalam berperilaku sehari-hari, (4) bagi pemerintah hendaknya dapat menambah referensi kepada sekolah terutama buku-buku cerita dan alat peraga untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Penanaman Moral Peranan, Pendidikan Karakter, Siswa Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 11:39
Last Modified: 25 Apr 2014 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19972

Actions (login required)

View Item View Item