PENANAMAN KEDISIPLINAN MELALUI PROGRAM KEGIATAN HANSEK (KETAHANAN SEKOLAH) DI SMK NEGERI 7 SEMARANG
Khawamirza Yusin Arsyi Amanatuz , 3301409025 (2013) PENANAMAN KEDISIPLINAN MELALUI PROGRAM KEGIATAN HANSEK (KETAHANAN SEKOLAH) DI SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENANAMAN KEDISIPLINAN MELALUI PROGRAM KEGIATAN HANSEK (KETAHANAN SEKOLAH) DI SMK NEGERI 7 SEMARANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan dalam diri siswa cukup memprihatinkan karena dampak faktor lingkungan dimana belum adanya keseimbangan antara persiapan diri atau mental siswa dengan pemahaman perkembangan teknologi dan budaya barat yang sesungguhnya memerlukan kedisiplinan dalam pemanfaatan produksi teknologi yang kini berkembang pesat, apalagi SMK Negeri 7 Semarang berada di pusat kota Semarang yang dengan mudahnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan datang ke sekolah. Dalam mengatasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik dari dalam maupun luar sekolah sehingga sekolah mengupayakan menanamkan kedisiplinan melalui pogram kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sikap disiplin siswa SMK Negeri 7 Semarang, (2) mengetahui penanaman kedisiplinan melalui program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) di SMK Negeri 7 Semarang, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) di SMK Negeri 7 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Sikap disiplin siswa SMK Negeri 7 Semarang, penanaman kedisiplinan melalui program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) di SMK Negeri 7 Semarang, dan faktor pendukung dan penghambat program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) dalam menanamkan kedisiplinan di SMK Negeri 7 Semarang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan siswa SMK Negeri 7 Semarang. Sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan buku, arsip dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan validitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber sebagai teknik pemeriksaan data. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis yang dilakukan dengan 4 tahap, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa SMK Negeri 7 Semarang sudah baik. Siswa menyadari pentingnya kedisiplinan untuk kehidupan, dan pihak sekolah menanamkan kedisiplinan dilakukan secara terus menerus dengan mengombinasikan tiga cara, yaitu dengan disiplin otoriter, disiplin lemah, dan disiplin demokratis. Penanaman kedisiplinan di SMK Negeri 7 Semarang melalui program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) dilakukan dengan beberapa kegiatan, antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), senam, sosialisasi bahaya narkoba, reproduksi sehat, Undang-Undang lalu lintas, Undang-Undang Ketenagakerjaan, motivasi dan kepemimpinan, kebijakan sekolah, penularan ilmu dan pengalaman alumni, dan wawasan kebangsaan dan bela negara. Program kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa SMK Negeri 7 Semarang, kecuali kelas XIII. Program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) mendapatkan dukungan dari pihak sekolah berupa pendanaan, sarana prasarana, partisipasi kepala sekolah dan guru, serta mendapatkan dukungan dari pihak luar, seperti POLRI, KODIM, ABITA, dokter Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Alumni dan orang tua siswa. Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan HANSEK berasal dari siswa sendiri yaitu kehadiran siswa yang dikarenakan kurang siapnya siswa mengikuti kegiatan dan rasa jenuh yang dialami oleh siswa, akan tetapi hal itu dapat teratasi oleh pihak sekolah dan siswa. Kesimpulan yang dapat dikemukakan oleh penulis yaitu sikap disiplin siswa SMK Negeri 7 Semarang sudah menunjukkan hasil yang baik, penanaman kedisiplinan melalui program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah) sudah berjalan dengan baik dan sudah mencapai tujuan-tujuan diadakannya program kegiatan HANSEK (Ketahanan Sekolah), serta pelaksanaan program kegiatan ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari dalam sekolah, maupun luar sekolah. Saran yang dapat dikemukakan oleh penulis yaitu sikap disiplin siswa harus selalu ditingkatkan, dan hendaknya penanaman kedisiplinan siswa menjadi perhatian pemerintah, seluruh sekolah, masyarakat, dan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Ketahanan, Ketahanan Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2014 14:48 |
Last Modified: | 17 Apr 2014 14:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19970 |
Actions (login required)
View Item |