PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOOPERATIF SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG


Eka Puji Heryawanti, 3201409052 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOOPERATIF SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOOPERATIF SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOOPERATIF SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Temanggung saat ini masih menggunakan LKS konvensional, sehingga siswa terkesan pasif saat mengikuti pembelajaran, menunggu perintah guru untuk melakukan aktivitas di kelas. Gaya pergaulan di SMA N 3 Temanggung yang cenderung berkelompok (ngegank) menimbulkan permasalahan tersendiri khususnya dalam proses pembelajaran di kelas. Keadaan seperti ini menimbulkan masalah tersendiri dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang, sehingga diperlukan suatu inovasi bahan ajar untuk mengatasi masalah yang terjadi di SMA Negeri 3 Temanggung. LKS berbasis kooperatif merupakan sebuah produk bahan ajar yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran geografi di SMA Negeri 3 Temanggung sehingga dapat meningkatkan sikap siswa untuk lebih bersosialisasi antar teman dan dapat mengantikan LKS konvensional. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana LKS berbasis kooperatif layak dikembangkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran geografi?, bagaimana perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan LKS berbasis kooperatif dengan LKS konvensional?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis kooperatif dan perbedaan hasil belajar pembelajaran geografi menggunakan LKS berbasis kooperatif dengan LKS konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D eksperimental. Subyek uji coba pemakaian produk adalah siswa kelas X semester genap SMA N 3 Temanggung. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive random sampling diperoleh kelas X 7 dan X 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel penelitian ini: 1) kelayakan LKS berbasis kooperatif , 2) hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data untuk penelitian R&D yaitu observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan untuk penelitian eksperimental menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentatif dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis kooperatif sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran geografi dengan rata-rata persentase klasikal tim ahli dan siswa sebesar 81,29%. Penilaian kelayakan LKS dari pihak dosen sebesar 86%, guru sebesar 83%, siswa (uji coba perorangan) sebesar 78,89% dan siswa (uji coba kelompok kecil) sebesar 77,26%. Rata-rata hasil belajar kognitif post test adalah 77,12, rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan I, II, dan III adalah 78,02%, 78,90% dan 77,82 %. Sedangkan hasil belajar kognitif kelas kontrol post test sebesar 75,16, rata-rata aktivitas belajar kelas kontrol pada pertemuan I, II, dan III adalah 73,16%, 73,04% dan 75,12%. Hasil uji persamaan dua varians dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan t hitung sebesar -0,539 > t tabel sebesar -2,045 berarti kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama sedangkan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) pada taraf signifikansi 5% hasil belajar kognitif menunjukkan t hitung sebesar -2,598 < t tabel sebesar -2,042, sedangkan hasil aktivitas belajar menunjukkan t hitung sebesar - 4,206 < t tabel sebesar -2,042, berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran menggunakan LKS berbasis kooperatif dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah LKS berbasis kooperatif layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam pembelajaran geografi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa (kognitif dan afektif) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaannya yaitu hasil penelitian kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dikatakan bahwa hasil belajar pembelajaran geografi menggunakan LKS berbasis kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Kooperatif, Bahan Ajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2014 16:12
Last Modified: 15 Apr 2014 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19947

Actions (login required)

View Item View Item