PENGEMBANGAN MODUL DAN MANAJEMEN BENCANA BERBANTUAN CD INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN KENDAL


Agil Dian Prasetyo, 3201409015 (2013) PENGEMBANGAN MODUL DAN MANAJEMEN BENCANA BERBANTUAN CD INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL DAN MANAJEMEN BENCANA BERBANTUAN CD INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL DAN MANAJEMEN BENCANA BERBANTUAN CD INTERAKTIF SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Modul diartikan sebagai sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Pada umumnya modul masih belum banyak digunakan sebagai bahan ajar penunjang dalam pembelajaran untuk mendampingi peserta didik mengembangkan pengetahuannya secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah pemakaian modul sebagai bahan ajar siswa masih belum dilaksanakan khususnya di SMA Negeri Kabupaten Kendal. Kurikulum saat ini menuntut siswa untuk aktif dan dapat bekerja secara mandiri. Sarana yang dapat membantu siswa untuk lebih mandiri dalam belajar tanpa harus membutuhkan seorang guru untuk mendampingi adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun serta mengetahui kelayakan modul dan manajemen bencana berbantuan CD interaktif sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang materi vulkanisme siswa SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Populasi penelitian ini adalah seluruh buku teks Geografi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu buku teks di SMA N 1 Sukorejo, Limbangan, Patean, dan Boja. Variabel penelitian ini berupa kelayakan modul sebagai bahan ajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan rata-rata penilaian kelayakan modul dan manajemen bencana bebantuan CD interaktif oleh lima ahli bahan ajar dan materi memperoleh presentase 90% dengan kriteria sangat layak menurut penilaian kelayakan bahan ajar BSNP (2006). Rata-rata tanggapan guru terhadap modul pengembangan memperoleh presentase 85,6% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata tanggapan siswa terhadap modul pengembangan memperoleh presentase 81,4% dengan kriteria sangat layak. Meskipun dikatakan layak modul pengembangan masih ada masukan dari validator dan responden guna menambah kesempurnaan modul. Kesimpulan penelitian ini adalah modul dan manajemen bencana berbantuan CD interaktif layak digunakan sebagai bahan ajar Geografi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kendal. Bagi guru disarankan dapat menerapkan dan mengembangkan sendiri modul dan manajemen bencana berbantuan CD interaktif yang nantinya digunakan dalam pembelajaran agar kemampuan siswa dalam aktivitas belajar, keterampilan siswa, dan hasil belajarnya dapat meningkat selain itu juga akan dapat meningkatkan daya berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Bahan ajar, Manajemen bencana, CD Interaktif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2014 15:13
Last Modified: 15 Apr 2014 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item