HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WARGA BELAJAR PAKET C DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Kasus Kejar Paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal)


Gigih YanuarWijaya , 3201408023 (2013) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WARGA BELAJAR PAKET C DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Kasus Kejar Paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WARGA BELAJAR PAKET C DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Kasus Kejar Paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal)]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI WARGA BELAJAR PAKET C DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Kasus Kejar Paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal)) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada program paket C harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, perkembangan fisik dan psikologis peserta didik baik pada kegiatan tatap muka (tutorial) maupun kegiatan mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besar tingkat partisipasi warga belajar paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal? dan (2) Adakah hubungan antara partisipasi warga belajar dengan hasil belajar geografi di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal?. penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui besar tingkat pertisipasi warga belajar paket C di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, dan (2) Untuk mengetahui adakah hubungan antara partisipasi warga belajar paket C dengan hasil belajar geografi di PKBM Sumber Ilmu Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar paket C PKBM Sumber Ilmu kelas X dan XI sebanyak 154 warga belajar. Sampel diambil berdasarkan teknik proporsional random sampling mengambil 20% dari jumlah populasi. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Partisipasi warga belajar sebagai variabel bebas, (2) Hasil belajar geografi sebagai variabel terikat. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi kegiatan tatap muka (tutorial) termasuk dalam kriteria sedang, hal ini ditunjukkan adanya mean sebesar 26 dengan persentase 47%. Untuk partisipasi kegiatan mandiri termasuk dalam kriteria sedang, hal ini ditunjukkan adanya mean sebesar 25,5 dengan persentase 38%. Secara keseluruhan partisipasi warga belajar paket C termasuk dalam kriteria sedang, hal ini ditunjukkan juga pada mean sebesar 51 dengan persentase 56%. Ada hubungan yang signifikan antara partisipasi warga belajar dengan hasil belajar geografi, hal ini ditunjukkan dengan korelasi product moment dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai rhitung > rtabel yaitu 0,765 > 0,349, sehingga Ha diterima. Jika partisipasi warga belajar itu tinggi maka hasil belajar yang didapat akan tinggi. Begitu juga sebaliknya, apabila partisipasi warga belajar itu rendah maka hasil belajar yang didapat akan rendah pula. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: warga belajar paket C dalam kegiatan tatap muka supaya lebih berpartisipasi dalam kehadiran dengan cara selalu mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Partisipasi dalam bertanya dengan cara menanyakan materi apa yang belum dipahami selama kegiatan mandiri atau menanyakan penjelasan dari tutor yang kurang dipahami. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan dan partisipasi berpendapat dengan cara semakin sering membaca modul atau memperbanyak referensi sehingga akan memliliki kemampuan kognitif dan wawasan yang tinggi. Partisipasi dalam kerja kelompok dengan cara lebih aktif dan bertanggungjawab atas pembagian tugas yang telah diberikan. Partisipasi dalam presentasi dengan cara selalu mengerjakan dengan baik apa yang telah diberikan dari tutor, sehingga selalu siap saat ditunjuk tutor untuk berpresentasi. Partisipasi dalam mencatat pokok dengan cara selalu membaca buku catatan serta mendengar atau memperhatikan apa yang telah dijelaskan sehingga dapat bagian mana yang mestinya harus dicatat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Warga Belajar, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 13:46
Last Modified: 14 Apr 2014 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item