PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012


OLIANA EKI SYAHBANI , 3201408012 (2012) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2011/2012) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

LKS merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara guru dan siswa. LKS berbasis Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK) memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan berbagai informasi, pemecahan masalah, dan inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan penggunaan LKS dan hasil belajar siswa kelas X dalam mempelajari materi hidrosfer setelah menggunakan LKS berbasis EEK pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Dempet tahun ajaran 2011/2012 serta LKS tersebut dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu belajar di sekolah tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dempet. Dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X5 dan kelas X6 yang masingmasing terdiri dari 33 siswa.Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengambangan (Research and Development/R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis gain. Hasil dari penilaian akhir pakar media I menunjukkan penilaian kelayakan LKS berbasis EEK memperoleh skor sebesar 57 dengan kriteria sangat layak. Pada penilaian akhir pakar media II diperoleh skor sebesar 61 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan penilaian akhir dari pakar dapat disimpulkan bahwa LKS tersebut memiliki skor rata-rata sebesar 59 dengan kriteria sangat layak sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil pengolahan nilai akhir menunjukan siswa telah mencapai ketuntasan belajar (memenuhi KKM) dengan nilai rata-rata kelas uji coba I (kelas X5) sebesar 71,82 dan kelas uji coba II (kelas X6) sebesar 82,36. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS berbasis EEK pada materi Hidrosfer layak digunakan sebagai bahan ajar pengayaan sehinggga dapat diterapkan penggunaannya dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dempet. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) LKS berbasis EEK ini disarankan untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain yang setara dengan SMA Negeri 1 Dempet agar siswa lebih meningkatkan hasil belajar, dan (2) Variasi LKS yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penyusunan LKS untuk materi geografi yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Eksplorasi Elaborasi Konfirmasi, pembelajaran geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 13:23
Last Modified: 14 Apr 2014 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item