PENGARUH MEDIA PETA RUPA BUMI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AN-NIDHOM KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013
Khoirul Umam, 3201406570 (2013) PENGARUH MEDIA PETA RUPA BUMI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AN-NIDHOM KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MEDIA PETA RUPA BUMI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA ISLAM AN-NIDHOM KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Media mempunyai arti yang cukup penting dalam suatu proses pembelajaran. Penjelasan yang sulit dipahami dapat menyebabkan siswa cepat merasa bosan. Guru yang baik tentu sadar bahwa kebosanan siswa tersebut biasa saja berpangkal dari penjelasan yang kurang jelas, tidak ada salahnya jika menghadirkan media sebagai alat bantu pengajaran guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan pengajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media peta rupa bumi dalam pembelajaran geografi siswa kelas XII IPS SMA Islam An-Nidhom Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2012/2013? (2) Bagaimana pengaruh media peta rupa bumi dalam pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Islam An-Nidhom Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2012/2013? Populasi dalam Penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Islam An- Nidhom Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Sempel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Islam An-Nidhom, Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara pelemparan koin diperoleh kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengundian terpilih kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan diberinama kelompok E dengan menggunakan media peta rupa bumi dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol dan diberi nama kelompok K dengan menggunakan media konvensional. Variabel yang digunakan ada dua yaitu: (1) Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan media peta rupa bumi dalam materi prinsip-prinsip dan keterampilan dasar petadan (2) Variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada materi prinsip-prinsip dan keterampilan dasar peta yang diukur dengan tes pengetahuan (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji kesamaan duavarians, uji perbedaan dua rata-rata, dan deskriptif persentase. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen pembelajaran geografi dengan menggunakan media peta rupa bumi, menunjukkan bahwa pada penggunaan media peta rupa bumi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar geografi. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung untuk hasil post test diperoleh hasil thitung = 4,92 lebih besar jika dibandingkan ttabel = 2,00.Nilaiaspekafektifbaikkelaseksperimendankontrolsama-sama mengalami kenaikan belajar. Untuk aspek psikomotorik kelas eksperimen 83,57 sedangkan untuk kelas kontrol 69,30. Saran dari penelitian ini adalah peta rupa bumi dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif sumber belajar, lebih baik pada waktu menggunakan media peta rupa bumi guru memberikan media yang lain agar siswa tidak bosan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Peta Rupa Bumi, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 18:08 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 18:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19925 |
Actions (login required)
View Item |