STUDI EKSPERIMEN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP AL HAYAT JLAMPRANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013
Ismet Lugito, 3201406016 (2013) STUDI EKSPERIMEN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP AL HAYAT JLAMPRANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STUDI EKSPERIMEN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP AL HAYAT JLAMPRANG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya model pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Kecenderungan guru SMP Al Hayat Jlamprang dalam mengajar menggunakan metode belajar konvensional sehingga siswa seringkali jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Model belajar jelajah alam sekitar merupakan sumber belajar yang pelaksanaannya di luar ruang kelas dengan mengajak siswa turun langsung ke lapangan untuk mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendekatan jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Al Hayat Jlamprang Kabupaten Wonosobo, (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar IPS dengan pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VII SMP Al Hayat Jlamprang Kabupaten Wonosobo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar serta pembelajaran model konvensional dan mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar dan pembelajaran model konvensional siswa SMP Al Hayat Jlamprang Kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Hayat Jlamprang Kabupaten Wonosobo dengan jumlah 96 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar IPS dan pembelajaran model konvensional, (2) hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi, observasi, angket/kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif presentase dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran jelajah alam sekitar dapat meningkatan minat belajar siswa dibanding dengan model pembelajaran secara konvensional. Data menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran jelajah alam sekitar menumbuhkan rasa ingin tahu dan siswa lebih aktif dalam mengikuti mata pelajaran dan tanggapan siswa yang menunjukkan sebagian besar siswa sangat tertarik mengikuti model pembelajaran jelajah alam sekitar, selain itu hasil belajar siswa kelas eksperimen mempunyai rata-rata nilai 78 lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang mempunyai rata-rata nilai 72. Penelitian ini dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pendekatan jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Al Hayat Jlamprang Kabupaten Wonosobo lebih baik diterapkan dalam menyampaikan materi pelajaran dibandingkan model pembelajaran secara konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran jelajah alam sekitar dibandigkan siswa yang diajar dengan model konvensional pada materi yang sama yaitu materi hidrosfer. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) pendekatan jelajah alam sekitar diharapkan dapat menjadi alternatif sumber belajar, khususnya mata pelajaran IPS supaya proses belajar mengajar lebih bervariatif dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) dalam pelaksanaan pendekatan jelajah alam sekitar guru diharapkan mampu menerapkan komponen-komponen jelajah alam sekitar serta menertibkan siswa saat pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jelajah Alam Sekitar, Sumber Belajar Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 17:46 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 17:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19922 |
Actions (login required)
View Item |