PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI METODE PENGAJARAN DEBATE AND DISCUSSIONS DI KELAS VII D SMP N 32 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Muh Adi Sudiarto, 3101409042 (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI METODE PENGAJARAN DEBATE AND DISCUSSIONS DI KELAS VII D SMP N 32 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI METODE PENGAJARAN DEBATE AND DISCUSSIONS DI KELAS VII D SMP N 32 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI METODE PENGAJARAN DEBATE AND DISCUSSIONS DI KELAS VII D SMP N 32 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang masih menekankan pada konsep materi saja dan metode guru yang seringnya ceramah kurang mengajak siswa untuk berperan aktif dan kreatif sehingga mengakibatkan siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi dan mengaitkannya dengan isu isu sosial yang berkembang. Kondisi pembelajaran yang demikian telah menyebabkan masih rendahnya motivasi belajar sejarah siswa kelas VII D SMP N 32 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII D SMP N 32 Semarang tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode pengajaran debate and discussions. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP N 32 Semarang tahun ajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Fokus utama penelitian ini adalah tercapainya peningkatan motivasi belajar siswa, serta bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran sejarah dengan metode pengajaran debate and discussions. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar siswa pada pra siklus = 67,47% (cukup) meningkat pada siklus I menjadi 83,28% (tinggi) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87,78% (sangat tinggi). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan metode pengajaran debate and discussions dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas VII D SMP N 32 Semarang tahun ajaran 2012/2013 sehingga disarankan kepada guru agar menggunakan metode pengajaran debate and discussions dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode pengajaran debate and discussions
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:47
Last Modified: 11 Mar 2014 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item