Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Berhuruf Jawa yang menggunakan Sandhangan Swara dengan Model Anom pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara


Marliana Dyah Cahyani, 2102408075 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Berhuruf Jawa yang menggunakan Sandhangan Swara dengan Model Anom pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Berhuruf Jawa yang menggunakan Sandhangan Swara dengan Model Anom pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Berhuruf Jawa yang menggunakan Sandhangan Swara dengan Model Anom pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis kata berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara siswa kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara nilai rata-ratanya 65,2, masih di bawah KKM, yaitu 70.Dengan demikian perlu ditingkatkan, salah satu caranya yaitu dengan pembelajaran menulis kata berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara salah satunya adalah dengan model Anom. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis huruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara dengan model Anom, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri 1 SrobyongJepara setelah dilakukan pembelajaran menulis huruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara dengan model Anom. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis huruf Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara.Variabel penelitian ini yaitu variabel input-output dan variabel proses.Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Teknik analisis dan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan. Pada hasil tes siklus I rata-rata nilai yang dicapai sebesar 66,5 atau masuk dalam kategori tidak tuntas. Pada siklus II rata-rata nilai yang dicapai sebesar 77,9 dan termasuk dalam kategori tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,4. Perilaku siswa kelas IV SD Negeri 1 Srobyong Jepara juga mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut terlihat ketika siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapatlah disarankan agar pembelajaran dengan model ini diterapkan sebagai salah satu media pengajaran. Penelitian ini juga dapat dimanfaatkan bagi bidang studi lain, dan perlu penelitian tentang sandhangan swara dengan teknik lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, huruf Jawa, Anom, kartu gambar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 12:38
Last Modified: 22 Jan 2014 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item