VARIASI DAN FUNGSI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL


TutikWulidyawati, 2102406692 (2013) VARIASI DAN FUNGSI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VARIASI DAN FUNGSI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (VARIASI DAN FUNGSI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (599kB) | Preview

Abstract

Pemberian penguatan kepada siswa bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, meningkatkan motiasi belajar siswa, meningkatkan kegiatan belajar dan membina tingkah laku siswa yang produktif. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimanakah variasi dan fungsi pemberian penguatan dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD se-Kecamatan Ngampel Kapupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode analisis interaktif. Variasi yang digunakan guru dalam memberikan penguatan sangat bervariasi. Variasi pemberian penguatan dibagi menjadi dua yaitu penguatan positif dan negatif. Variasi yang dilakukan adalah (1) Penguatan verbal, meliputi (a) memberikan kata-kata benar, mendapat nilai seratus, mendapat nilai bonus, kata-kata pujian wah, bagus sekali, pintar sekali, (b) memanggil dengan kata sapaan mas/mbak, (2) Gabungan penguatan verbal dengan gerak/isyarat, hal ini dilakukan dengan ucapan dan angukan kepala, pujian dan acungan jempol. (3) Gabungan penguatan verbal dengan pendekatan kepada anak, meliputi (a) teguran atau peringatan dari depan kelas, (b) menegur dan mendekat ketempat duduk anak. (4) Gabungan penguatan verbal dengan sentuhan, meliputi (a) menepuknepuk bahu/pundak siswa (b) berjabat tangan, atau mengangkat tangan siswa yang menang dalam pertandingan. (5) Gabungan penguatan verbal dengan kegiatan, hal ini dilakukan dengan memberikan teguran, peringatan dan langsung mengambil tindakan tegas. Fungsi Penguatan sebagai berikut (1) untuk meningkatkan perhatian siswa, pemberian penguatan yang tepat baik jenis penguatannya, maupun saat atau waktu pemberiannya, maka perhatian siswa diharapkan akan meningkat lagi. (2) meningkatkan motivasi belajar, dengan pemberian penguatan motivasi siswa bisa terus terjaga sehingga selalu memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. (3) memudahkan siswa belajar, itu untuk memudahkan siswa belajar, harus ditunjang oleh kebiasaan memberikan penguatan yang akan semakin mendorong keberanian siswa untuk mencoba, bereksplorasi untuk menemukan jawaban atau mencapai tujuan pembelajaran. (4) menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, kepercayaan diri yang dimiliki oleh setiap siswa merupakan modal dasar yang sangat berharga dalam proses pembelajaran belajar. (5) memelihara iklim kelas yang kondusif, Kondisi penciptaan suasana kelas atau lingkungan belajar yang kondusif harus diusahakan, dipelihara, dan dikembangkan, yaitu antara lain melalui penerapan penguatan secara tepat dan proporsional. .Saran penelitian ini adalah pemberian penguatan yang berfungsi meningkatkan antusias dan motivasi siswa sebaiknya diberikan lebih bervariasi agar motivasi dan semangat belajar siswa meningkat yang pada akhirnya seluruh tujuan pembelajaran akan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi, penguatan, pembelajaran.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 12:34
Last Modified: 22 Jan 2014 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19854

Actions (login required)

View Item View Item