Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Teknik Membuat Kerangka Tulisan Berdasarkan Media Komik Pada Siswa Kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Kabupaten Grobogan


Rina Syolichatun, 2101409149 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Teknik Membuat Kerangka Tulisan Berdasarkan Media Komik Pada Siswa Kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Teknik Membuat Kerangka Tulisan Berdasarkan Media Komik Pada Siswa Kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Kabupaten Grobogan]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Teknik Membuat Kerangka Tulisan Berdasarkan Media Komik Pada Siswa Kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Grobogan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor siswa, guru, dan sekolah. Faktor dari siswa yaitu sulit menemukan ide cerita dan menuangkannya menjadi naskah drama. Faktor dari guru yaitu strategi pembelajaran yang digunakan masih berfokus pada guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa menggunakan media ataupun teknik pembelajaran yang mempermudah siswa untuk menulis naskah drama. Selain itu, Faktor dari sekolah yaitu kurang memberikan fasilitas media pembelajaran yang memadai, seperti penyediaan LCD yang mencukupi di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis naskah drama satu babak? (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak? (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis menulis naskah drama satu babak dengan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan media komik? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis naskah drama satu babak, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII B MTs Nuril Huda Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama satu babak dengan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan media komik. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub Grobogan. Variabel penelitian ini ada dua yaitu keterampilan menulis naskah drama satu babak dan penggunaan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan media komik. Pengambilan data menggunakan instrument tes dan nontes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan medi komik pada pembelajaran menulis naskah drama satu babak, proses pembelajaran siswa kelas VIII B MTs Nuril Huda Tarub lebih kondusif dan waktunya lebih efektif untuk menulis naskah drama satu babak. Nilai rata-rata klasikal pada siklus I sebesar 72,25. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,42 atau menjadi 82,67. Perilaku negatif siswa masih terlihat saat pembelajaran siklus I berlangsung. Namun, pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan bahwa guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat menggunakan teknik membuat kerangka tulisan berdasarkan media komik sebagai alternatif dalam mengajarkan pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Teknik pembelajaran tersebut dapat mempermudah siswa untuk menuangkan ide mereka ke dalam bentuk naskah drama satu babak. Para peneliti yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia dapat melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai kemampuan menulis naskah drama agar dapat mengembangkan khasanah ilmu sastra dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: naskah drama satu babak, teknik kerangka tulisan, media komik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 10:08
Last Modified: 22 Jan 2014 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item