PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 5 BATANG
Iryani, 2101409028 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 5 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 5 BATANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII D SMP N 5 Batang masih rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran menulis puisi di SMP N 5 Batang masih banyak dijumpai kesulitan. Hal tersebut terlihat melalui pengamatan peneliti terhadap hasil karya siswa pada tugas menulis puisi dan juga wawancara dengan guru mata pelajaran. Pembelajaran menulis puisi bagi siswa membosankan, karena mereka merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan merangkaikan kata-kata. Permalasahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model pembelajaranthink talk writemelalui media foto pada siswa kelas VIII SMP N 5 Batang, 2) bagaimana peningkatan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 5 Batang setelah menggunakan model pembelajaran think talk write melalui media foto, dan 3) bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas VIII SMP N 5 Batang setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan model pembelajaran think talk write melalui media foto. Tujuan penelitian ini mendeskripsi peningkatan proses pembelajaran menulis puisi, mendeskripsi peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi, dan mendeskripsi perubahan perilaku positif siswa kelas VIII D SMP N 5 Batang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model think talk write melalui media foto. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Batang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi bebas, variabel model think talk write, dan variabel media foto. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik nontes, yang terdiri atas observasi, dokumentasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dapat dilakukan dengan menggunakan model think talk write melalui media foto. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil menulis puisi dari siklus I ke siklus II. Hasil tes siklus I mencapai rata-rata sebesar 69,36 pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 76,45 pada kategori baik. Jadi keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan sebesar 7,09. Berdasarkan data nontes dapat diketahui adanya perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Pada siklus I siswa masih belum terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Berbeda pada siklus II, siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang direkomendasikan guru Bahasa Indonesia agar dalam pengajaran menulis puisi, dapat menggunakan model think talk write melalui media foto sebagai variasi dalam penggunaan strategi kegiatan belajar mengajar siswa. Peneliti lain hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan teknik, metode, dan model pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, model think talk write, dan media foto. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 10:22 |
Last Modified: | 15 Jan 2014 10:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19832 |
Actions (login required)
View Item |