PENGEMBANGAN PERANGKAT TES HASIL BELAJAR DOMAIN KOGNITIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 PURWOREJO
Dian Fatmawati, 3201409026 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT TES HASIL BELAJAR DOMAIN KOGNITIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT TES HASIL BELAJAR DOMAIN KOGNITIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 PURWOREJO)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses pendidikan dengan menggunakan evaluasi, tidak terkecuali bagi mata pelajaran geografi. Soal-soal yang dibuat tentu harus mengacu kepada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran dalam perangkat pembelajaran. Permasalahan penelitian ini Bagaimana cara memperoleh model tes hasil belajar domain kognitif yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pada Mata Pelajaran Geografi siswa kelas X SMA Negeri 11 Purworejo? Dan tujuannya untuk mendapatkan perangkat tes hasil belajar domain kognitif mata pelajaran geografi yang berkualitas dan layak digunakan di kelas X SMANegeri 11 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeResearch and Development (R&D).R&D merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada perangkat tes hasil belajar domain kognitif. Subjek penelitian ini sejumlah 32 siswa per kelas yang terdiri dari dua kelas di SMA Negeri 11 Purworejo.Variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas perangkat tes domain kognitif dari C1 sampai C5 (pilihan ganda dan uraian bebas) dengan indikator tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi distraktor, validitas dan reliabilitas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang menggunakan teknik anatesdan Microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan perangkat tes pada kelas X SMA Negeri 11 Purworejo dengan jumlah50 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian sudah baik dan layak digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli (expert) bahwa penilaian oleh ke empat dosen yang merupakan pakar kurikulum, evaluasi, dan materi menunjukan persentase penilaian sebesar 75% dengan kriteria “layak” dan uji dari guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri 11 Purworejo menyatakan layak dengan persentase 90%. Sebelum dilakukan uji coba lapangan dilakukan beberapa revisi dari segi tata tulis, penggunaan kata/kalimat yang tidak sesuai dengan EYD, gambar yang kurang komunikatif,option yang kurang homogen, dan sistem yang masih ambigu.Berdasarkan hasil analisis tingkat kesukaran dua kali uji coba diperoleh hasil yang cukup baik, dan hasil analisis daya pembeda dua kali uji coba diperoleh butir-butir soal yang baik digunakan untuk pilihan ganda rata-rata 62% dan soal uraian rata-rata 90%. Sedangkan hasil validitas dua kali uji coba diperoleh soal yang valid karena nilai r11>r tabel.Adapun hasil analisis reliabilitas pada dua kali uji coba diperoleh nilai r11 > r tabelsehingga dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal tersebut reliabel. Kesimpulan dari hasil penelitian ini perangkat tes yang dikembangkan sudah baik.Hal ini setelah perangkat tes lolos uji ahli (expert) dan dapat memenuhi kriteriaindikator penilaian tes yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas, dan fungsi distraktor. Saran yang ingin peneliti sampaikan yaitu kepada mahasiswa sarjana pendidikan khususnya yang ingin mengembangkan penelitian ini lebih lanjut diharapkan lebih menguasai dan memahami apa itu pengembangan perangkat tes karena produk soal yang dibuat peneliti bersama guru mata pelajaran geografi memiliki banyak kelemahan, dan kepada guru hendaknya dapat mengembangkan sendiri dalam pembuatan tes yang berkualitas dan sesuai standar dan kemampuan siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Tes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Jan 2014 16:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2014 16:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19824 |
Actions (login required)
View Item |