PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA N 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013


Yuhana Dwi Krisnawati, 3201409001 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA N 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA N 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA N 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebagai tolok ukur untuk mengetahui besarnya keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan evaluasi. Evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran yang harus dilakukan secara menyeluruh, berkala dan bekesinambungan. Hasil observasi di SMA Negeri 1 Boja khususnya untuk Mata Pelajaran Geografi menunjukkan evaluasi hanya dilakukan dengan tes dan hanya terbatas pada penilaian domain kognitif. Sedangkan untuk menilai domain afektif guru hanya menilai dengan tugas-tugas dan pengamatan. Penilain afektif dengan cara tersebut tentunya kurang tepat, karena itu diperlukan instrumen penilaian yang tepat dan berkualitas untuk menilai domain afektif. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: Bagaimana model instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas pada Mata Pelajaran Geografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: menggembangkan dan menghasilkan model penilaian domain afektif yang berkualitas untuk mengukur kemampuan afektif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Boja pada Mata Pelajaran Geografi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model instrumen penilaian afektif yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) serta aturan dari DEPDIKNAS untuk mengukur kemampuan afektif siswa pada Mata Pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah kelas X yang dipilih secara acak dengan mengundi kelas, dari delapan kelas didapatkan satu kelas untuk ujicoba kelompok kecil yaitu kelas X-5. Dari tujuh kelas yang tersisa diambil dua kelas untuk uji lapangan, yaitu kelas X-7 dan X-8. Variabel dalam penelitian ini adalah uji kelayakan dan kualitas instrumen penilaian afektif, dengan sub variabel yaitu validasi tim ahli (dosen), validasi guru dan hasil pelaksanaan ujicoba siswa. Sedangkan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, dan kuesioner. Olah data dilakukan dengan uji t, uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan guru dalam menilai domain afektif tidak membuat indikator yang tepat sesuai Kata Kerja Operasional (KKO), penilaian juga tidak memperhatikan SK-KD dan karakteristik ranah afektif. Maka perlu dikembangkan instrumen penilaian domain afektif, yaitu sesuai SK-KD dengan indikator penilaian sesuai dengan KKO domain afektif, serta dapat digunakan untuk mengukur seluruh karakteristik domain afektif dan telah diujikan secara teoritik maupun empirik. Pada draf awal terdapat 60 butir pernyataan yang dikembangkan menggunakan skala likert. Langkah awal dalam pengembangan draf awal divalidasi oleh tim ahli (dosen) dan guru. Hasil rata-rata validasi dosen sebesar 76% pernyataan sudah sesuai dengan aspek yang ditelaah dengan kriteria layak, sedangkan hasil telaah guru menyatakan 82% pernyataan sudah sesuai dengan aspek yang ditelaah dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan masukan dari tim ahli selanjutnya item pernyataan yang belum sesuai diperbaiki dan hasilnya disusun menjadi draf I yang digunakan untuk ujicoba kelompok kecil. Analisis hasil ujicoba kelompok kecil yaitu 51 (85%) butir pernyataan memiliki daya beda baik, 38 (63%) butir pernyataan valid dan reliabilitas instrumen r11= 0,614 > rtabel=0,576. Berdasarkan analisis ujicoba kelompok kecil, instrumen diperbaiki dan disusun kembali menjadi draf II. Draf II diujikan pada responden dalam uji lapangan yang berjumlah 65 siswa. Hasil analisis uji lapangan menunjukkan 52 (87%) butir pernyataan memiliki daya beda baik. Hasil uji validitas 52 (87%) butir pernyataan valid dan hasil penghitungan reliabilitas yaitu r11=1,00 > rtabel=0,244, sehingga instrumen tersebut reliabel. Berdasarkan hasil analisis uji lapangan ini disusun produk akhir instrumen penilaian domain afektif. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut yaitu secara keseluruhan instrumen penilaian domain afektif sudah baik dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi afektif oleh guru. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini, untuk guru geografi yang ingin mengembangkan instrumen penilaian domain afektif hendaknya diperhatikan kesulitan dalam penyusunan instrumen. Untuk pihak MGMP, agar dapat memberikan pelatihan dalam pengembangan instrumen penilaian domain afektif. Sedangkan kepada siswa sebaiknya lebih jujur dalam memberikan tanggapan pada penilaian afektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instruemen Penilaian, Domain Afektif, Skala likert
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2014 13:49
Last Modified: 13 Jan 2014 13:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item