PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Bety Rosidah, 3201408094 (2013) PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan yang utama dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Salah satunya faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah motivasi dan aktivitas belajar dari peserta didik.. Hal ini menyebabkan guru harus memilih model pembelajaran yang berbeda dan menarik agar siswa mampu untuk lebih memahami materi yang diberikan dan membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mencapai hasil belajar yang diharapkan yaitu diatas batas nilai ketuntasan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Bingo. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui sejauhmana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bingo dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan Aktivitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Permaianan Bingo Terhadap Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Tuntang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpotional random sampling, yaitu pengambilan subjek dari strata atau wilayah ditentukan seimbang atau sebanding dengan banyaknya subjek dalam masing-masing strata atau wilayah. Dalam penelitian ini, menggunakan sampel individu yaitu sampel yang terdiri dari individu perkelasnya. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 20% dari jumlah 174 siswa yaitu 34 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas yang ada pada kelas VII yang ada di SMPN 2 Tuntang yang terdiri dari 7 siswa pada kelas VII A, 7 siswa pada kelas VII B, 7 siswa pada kelas VII C, 7 siswa pada kelas VII D dan 6 siswa pada kelas VII E. (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran Bingo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan analisis frekuensi dan uji statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan indikator aktivitas belajar siswa yang diamati dalam tiga pertemuan proses pembelajaran dapat diketahui (1) aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bingo diperoleh hasil rata-rata aktivitas belajar siswa berada pada kategori aktif (rata-rata 41). (2) Untuk hasil belajar setelah dilakukan post test, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa 85 dengan kriteria tinggi. hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 2 Tuntang, ditentukan oleh aktivitas siswa dalam model pembelajaran Bingo sebesar 76,91%, dan sisanya yaitu sebesar 23,09% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara keaktivan siswa dalam proses pembelajaran model Bingo dengan hasil belajar siswa. Simpulan yang dapat diungkap adalah (1) aktivitas belajar siswa dalam model Bingo berada pada kategori aktif. (2) Terdapat pengaruh yang erat antara aktivitas dalam model Bingo dengan hasil belajar siswa di SMP N 1 Tuntang. Nilai rata-rata siswa tersebut sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan sekolah. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu hendaknya guru IPS menggunakan model pembelajaran Bingo sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu pihak sekolah hendaknya memberi dukungan dalam pengenalan model pembelajaran Bingo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bingo.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2014 13:43
Last Modified: 13 Jan 2014 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item