PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI PICTURE AND PICTURE DENGAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN PETOMPON 01 SEMARANG
APRILIA NUR FITRIANI, 1401409105 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI PICTURE AND PICTURE DENGAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN PETOMPON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI PICTURE AND PICTURE DENGAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN PETOMPON 01 SEMARANG)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, pokok bahasan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Petompon 01 Semarang, ditemukan permasalahan bahwa selama pembelajaran, guru masih dominan mengajar dengan metode ceramah yang kurang mengaktifkan siswa sehingga keterampilan siswa dalam menulis karangan masih rendah. Siswa me-ngalami kesulitan dalam pemilihan kata,menuangkan ide dalam bentuk kalimat dan mengembangkannya menjadi sebuah karangan serta masih ditemukan kesala-han dalam penggunaan tanda baca. Hasilnya, sebanyak 68% belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 60. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah picture and pic-ture dengan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembe-lajaran menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Petompon 01 Se-marang, 2) apakah picture and picture dengan gambar seri dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Petompon 01 Semarang, 3) apakah picture and picture dengan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Petompon 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Petompon 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan sis-wa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru. Pada siklus I, guru memperoleh skor 26,5 dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh skor 37 dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 19,14 dengan kategori cukup, dan meningkat pada si-klus II dengan skor rata-rata 23,59 dengan kategori baik. Keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana menunjukkan ketuntasan klasikal 72% pada siklus I dan meningkat menjadi 96% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui picture and picture dengan gambar seri, dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keteram-pilan siswa dalam menulis karangan sederhana. Saran bagi guru, hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, karangan sederhana, picture and picture, gambar seri |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 10:40 |
Last Modified: | 07 Jan 2014 10:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19801 |
Actions (login required)
View Item |