PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02
NOVI ANDINI PUTRI, 1401409030 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis dan proses penemuan. Oleh karena itu pembelajaran dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya, berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPA sebagai berikut, guru belum menggunakan pembelajaran inovatif, belum adanya umpan balik di akhir pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran karena kurangnya alat peraga, rendahnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebanyak 33,33%. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV peneliti menggunakan Pendekatan CTL dengan media visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan CTL dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamantan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 27 kategori baik, siklus II memperoleh skor 31 kategori sangat baik, siklus III memperoleh skor 34 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 359 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 436 kategori baik, dan meningkat pada siklus III dengan memperoleh skor 522 kategori sangat baik. (3) ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I 48% meningkat pada siklus II 73% dan siklus III meningkat dengan ketuntasan 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan CTL dengan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA. Berdasarkan penelitian tersebut, saran yang diberikan peneliti adalah dengan menerapkan pendekatan CTL dengan media visual pada pembelajaran IPA siswa dapat lebih mudah menerima materi karena dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya sehingga pembelajaran lebih bermakana.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran IPA, pendekatan CTL, media visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 10:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 10:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19778 |
Actions (login required)
View Item |