STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) BERBANTUAN GAMES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP


Dian Bestari , 4201409103 (2013) STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) BERBANTUAN GAMES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) BERBANTUAN GAMES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP]
Preview
PDF (STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) BERBANTUAN GAMES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika sekarang ini masih didominasi pemberian konsep dan hafalan rumus. Siswa tidak dituntun untuk menemukan konsep sehingga kurang memahami materi yang disampaikan. Hal ini berakibat terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memegang peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembentukan karakter siswa. Pentingnya pendidikan karakter ini, dilatarbelakangi pada fenomena sosial seperti kenakalan remaja dan dekadensi moral. Hasil observasi yang dilakukan di sekolah lokasi penelitian, siswa kelas VIII cenderung sulit diatur dibandingkan siswa kelas VII dan IX. Hasil belajar IPA fisika paling rendah dibandingkan dengan kimia dan biologi. Penerapan pembelajaran SEA berbantuan Games diharapkan dapat membantu siswa menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Siswa juga dapat saling berinteraksi sosial dalam upaya pengembangan karakter melalui Games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan karakter siswa melalui pembelajaran SEA berbantuan Games pada pelajaran IPA subpokok bahasan tekanan zat padat dan cair. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Ungaran. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan control group pretest posttest. Kelas eksperimen diterapkan pembelajaran SEA berbantuan Games sedangkan kelas kontrol diterapkan pembelajaran SEA tanpa berbantuan Games. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pusposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan signifikansi pembelajaran SEA berbantuan Games terhadap hasil belajar serta perkembangan karakter siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan gain 0,59. Sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan gain 0,27. Analisis data hasil belajar psikomotorik, kelas eksperimen dan kontrol berada pada kategori sedang dengan gain 0,66 dan 0,38. Berdasarkan analisis hasil observasi, perkembangan karakter disiplin kelas eksperimen dan kontrol berada pada tahap mulai berkembang. Perkembangan karakter rasa ingin tahu dan komunikatif, kelas eksperimen berada pada tahap mulai berkembang sedangkan kelas kontrol mulai terlihat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SEA berbantuan Games dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SEA, Games, Karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:32
Last Modified: 05 May 2014 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19761

Actions (login required)

View Item View Item