IDENTIFIKASI MINAT SISWA SMP NEGERI 21 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN IPA-FISIKA BILINGUAL


Nissa Listya Utami , 4201409071 (2013) IDENTIFIKASI MINAT SISWA SMP NEGERI 21 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN IPA-FISIKA BILINGUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI MINAT SISWA SMP NEGERI 21 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN IPA-FISIKA BILINGUAL]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI MINAT SISWA SMP NEGERI 21 SEMARANG TERHADAP PEMBELAJARAN IPA-FISIKA BILINGUAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia berupaya mengantisipasi persaingan global salah satunya lewat dunia pendidikan, yaitu dengan menyelenggarakan program pendidikan yang memenuhi standar internasional. Untuk mencapai standar Internasional tersebut, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional melakukan penyesuaian kurikulum, penyediaan fasilitas (sarana dan prasarana) berstandar internasional dan menggunakan bilingual (dua bahasa), dalam hal ini bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pada saat proses pembelajaran. IPA-fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diharuskan menggunakan bilingual dan bukan merupakan pelajaran pilihan yang dipilih sesuai minat dan bakat. Pada kenyataannya, pembelajaran IPA-fisika bilingual masih dihadapkan pada banyak tantangan. Hasil observasi dan studi pendahuluan yang dilakukan penulis selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 21 Semarang menunjukkan rata-rata nilai ulangan harian IPA-fisika bilingual sebelum dan selama ada guru praktik, dengan inovasi metode mengajarnya, tidak mengalami perubahan yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana minat siswa SMP Negeri 21 Semarang dan faktor yang mempengaruhinya terhadap pembelajaran IPA-fisika bilingual. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan fakta, opini, sikap dan menggambarkan suatu kejadian secara cermat dan sistematis dari data yang diperoleh. Strategi yang digunakan adalah strategi eksplanatoris sekuensial. Data minat siswa diperoleh dari angket/kuesioner, hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran IPA-fisika bilingual ditinjau dari unsur emosi dan konasi berada pada kategori sedang. Hal tersebut mempunyai arti bahwa ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPA-fisika bilingual cenderung biasa saja, tidak begitu menyukai dan juga tidak begitu menampakkan ketidaktertarikannya. Siswa tetap mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan karena siswa sudah memahami kewajiban dan kebutuhannya dan juga sudah mampu mengerti apa itu IPA-fisika bilingual dan manfaat yang diperoleh setelah mempelajarinya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa minat siswa berdasarkan unsur kognisi berada pada kategori tinggi. Faktor yang mempengaruhi minat digolongkan menjadi dua: (1) faktor internal, yaitu kemauan, kebutuhan dan motivasi; dan (2) faktor eksternal, yaitu dukungan keluarga, metode mengajar, relasi dengan guru, relasi dengan siswa lain, dan media massa. Semua faktor mempunyai pengaruh positif terhadap minat siswa dalam mempelajari IPA-fisika kecuali media massa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, siswa, IPA-fisika, bilingual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 16:40
Last Modified: 05 May 2014 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item