PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMUATAN PHYSICS GAME UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMP RSBI KELAS VII
Nur Aini Septyaningrum , 4201409036 (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMUATAN PHYSICS GAME UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMP RSBI KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMUATAN PHYSICS GAME UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMP RSBI KELAS VII)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang berpengaruh besar pada berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). SMP N 02 Kendal pada tahun ajaran 2012/2013 merupakan sekolah yang menerapkan program RSBI sehingga pada proses pembelajarannya menggunakan dua bahasa (bilingual). Penggunaan dua bahasa, terutama pada pelajaran Fisika, membuat siswa merasa kesulitan sehingga hasil belajar mereka tidak terlalu memuaskan. Oleh karena itu, diterapkan Physics Game untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi Fisika kelas RSBI. Physics Game adalah permainan yang berisi materi Fisika berbahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi dan pengembangan aktivitas serta karakter siswa kelas VII SMP RSBI setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization bermuatan Physics Game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan desain true experimental jenis pre-test post-test control group. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah kelas VII C dan VII D SMP N 02 Kendal tahun ajaran 2012/2013. Data karakter dan aktivitas siswa diperoleh dari observasi. Data penguasaan materi diperoleh dari pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian ini diperoleh gain penguasaan materi siswa berada pada kategori sedang yaitu 0,58, lebih tinggi daripada kelas kontrol yang mendapatkan gain sebesar 0,42. Aktivitas dan karakter siswa mengalami perkembangan skor ke arah positif pada setiap pertemuan. Setelah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization bermuatan Physics Game, aktivitas siswa berada pada kategori aktif, sedangkan karakter siswa berada pada kategori mulai berkembang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization bermuatan Physics Game dapat meningkatkan penguasaan materi pada pokok bahasan kalor, serta mengembangkan aktivitas dan karakter siswa SMP RSBI Kelas VII.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization, Physics Game, aktivitas, pendidikan karakter. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2014 16:56 |
Last Modified: | 05 May 2014 16:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19734 |
Actions (login required)
View Item |