MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KEBENCANAAN ALAM DAN PERPINDAHAN KALOR SERTA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Yermia Yuda Prayitno , 4201409025 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KEBENCANAAN ALAM DAN PERPINDAHAN KALOR SERTA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KEBENCANAAN ALAM DAN PERPINDAHAN KALOR SERTA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman masyarakat terhadap bencana perlu ditingkatkan karena semakin banyaknya bencana alam yang terjadi di berbagai belahan bumi akibat tingkah manusia. Di sisi lain kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dikarenakan pembelajaran kurang terpusat pada siswa, sehingga rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa belum bisa mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap kebencanaan alam dan Perpindahan Kalor serta kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving bervisi SETS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan diskusi klasikal bervisi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian untuk mengetahui pemahaman terhadap kebencanaan alam dan Perpindahan Kalor serta kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji gain ternormalisasi dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh besarnya faktor gain peningkatan pemahaman kebencanaan alam adalah 0,76 (tinggi) untuk kelas eksperimen dan 0,67 (sedang) untuk kelas kontrol. Besarnya faktor gain peningkatan materi sains fisika pokok bahasan Perpindahan Kalor adalah 0,80 (tinggi) untuk kelas eksperimen dan 0,69 (sedang) untuk kelas kontrol. Faktor gain kemampuan berpikir kreatif untuk kelas eksperimen sebesar 0,78 (tinggi) dan 0,67 (sedang) untuk kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman terhadap kebencanaan alam dan perpindahan kalor serta kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving bervisi SETS lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model diskusi klasikal bervisi SETS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Pendekatan SETS, Pemahaman Kebencanaan Alam, Pemahaman Perpindahan Kalor, Kemampuan Berpikir Kreatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2014 17:04 |
Last Modified: | 05 May 2014 17:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19728 |
Actions (login required)
View Item |