KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENGINTEGRASIKAN MATERI KEBENCANAAN


Edining Puspitawati , 4201409006 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENGINTEGRASIKAN MATERI KEBENCANAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENGINTEGRASIKAN MATERI KEBENCANAAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERVISI SETS PADA PEMBELAJARAN IPA YANG MENGINTEGRASIKAN MATERI KEBENCANAAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana alam yang sering terjadi menuntut adanya karakter kepedulian lingkungan yang diperoleh siswa melalui pendidikan di sekolah. Berdasarkan observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Gabus, para siswanya dinilai memiliki karakter kedisiplinan, kerjasama dan tanggung jawab yang minim. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa jenuh, pasif dan memperoleh nilai kurang. Salah satu model pembelajaran yang mendukung keberhasilan pembelajaran dan pembentukan karakter adalah model pembelajaran Team Games Tournament bervisi SETS. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Team Games Tournament bervisi SETS pada pembelajaran IPA yang mengintegrasikan materi kebencanaan terhadap hasil belajar dan karakter siswa dibanding dengan model pembelajaran diskusi bervisi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes tertulis. Analisis yang digunakan adalah uji kesamaan dua proporsi dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa yang tuntas belajar kelas eksperimen lebih dari siswa yang tuntas belajar pada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Team Games Tournament, SETS, Kebencanaan, Hasil Belajar, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 17:11
Last Modified: 05 May 2014 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item