PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK GUNA MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERSIKAP ILMIAH SISWA SD
Musyarofah , 4201409001 (2013) PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK GUNA MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERSIKAP ILMIAH SISWA SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK GUNA MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERSIKAP ILMIAH SISWA SD)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di tengah-tengah perkembangan dunia yang begitu cepat, semakin kompleks dan canggih, prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang. Pendekatan pendidikan karakter sebaiknya dilakukan secara terintegrasi ke dalam seluruh kehidupan sekolah dan dimulai sejak usia dini siswa. Memberdayakan pembelajaran IPA dengan fokus pengembangan sikap ilmiah (tanggung jawab, jujur, kerjasama, percaya diri, ingin tahu, dan kreatif) merupakan alternatif cara terpadu peningkatan unsur budi pekerti dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Holistik guna menumbuhkan kebiasaan bersikap ilmiah dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Patemon 01 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata sikap ilmiah pada siklus I sebesar 64 menjadi 75 pada siklus II dengan gain score sebesar 0,31, dan menjadi 84 pada siklus III dengan gain score sebesar 0,37. Peningkatan juga terlihat dari nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 66 menjadi 78 pada siklus II dengan gain score sebesar 0,34, dan menjadi 85 pada siklus III dengan gain score sebesar 0,32. Hal ini membuktikan bahwa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dapat digunakan sebagai upaya perolehan sikap ilmiah, nilai mulia/luhur, serta peningkatan prestasi belajar siswa. Pada penelitian ini berhasil ditumbuhkan karakter pada siswa. Peneliti menyampaikan saran sebaiknya guru terus menerus melaksanakan pembelajaran IPA dengan Model Holistik agar tercipta budaya sikap ilmiah dalam diri siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, pembelajaran holistik, sikap ilmiah, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2014 17:11 |
Last Modified: | 05 May 2014 17:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19717 |
Actions (login required)
View Item |