Bentuk Pertunjukan dan Fungsi Kesenian Dogdog Kaliwon di Desa Bentarsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.


Isteria Meilan Pusparini, 2503408078 (2012) Bentuk Pertunjukan dan Fungsi Kesenian Dogdog Kaliwon di Desa Bentarsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bentuk Pertunjukan dan Fungsi Kesenian Dogdog Kaliwon di Desa Bentarsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.]
Preview
PDF (Bentuk Pertunjukan dan Fungsi Kesenian Dogdog Kaliwon di Desa Bentarsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dogdog Kaliwon merupakan kesenian yang berkembang di daerah Brebes karena tradisi.Kesenian ini berupa perangkat kendang yang berukuran berbedabeda yang terbuat dari pohon aren.Kesenian Dogdog kaliwon dipentaskan pada upacara sedekah gunung dan hiburan acara hajatan.Kesenian Dogdog kaliwon mempunyai keunikan dibandingkan kesenian lain yang berkembang di daerah Brebes karena kesenian ini dalam pertunjukannya selain membawakan lagu juga membawakan cerita. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian Dogdog Kaliwon di desa Bentarsari kecamatan Salem kabupaten Brebes. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk pertunjukan kesenian Dogdog Kaliwon dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat. Manfaat penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu manfaat praktis dan teoretis, namun yang paling khusus adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan regenerasi kesenian Dogdog Kaliwon. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Agustus sampai Oktober 2012 di kesenian Dogdog Kaliwon Desa Bentarsari Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan disajikan agar dapat diverifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian Dogdog Kaliwon adalah bentuk pertunjukan musik yang terbentuk dari beberapa elemen, antara lain: instrumen yang terdiri dari 4 buah kendang dan instrumen tambahan seperti suling sunda, terompet sunda, biola. Pada pertunjukan kesenian Dogdog Kaliwon, materi lagu yang dibawakan yaitu lagu-lagu daerah Jawa dan Sunda diiringi pola permainan Dogdog.Pada acara tertentu, kesenian ini menampilkan lagu dan drama pendek.Kesenian Dogdog kaliwon digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana ritual dan hiburan pada acara hajatan serta sebagai sarana presentasi estetis dan memiliki fungsi ekonomi pada masyarakat Desa Bentarsari.Namun kesenian ini semakin terpinggirkan ditengah maraknya musik-musik modern yang berkembang di Indonesia. Saran untuk kesenian Dogdog Kaliwon yaitu pemain hendaknya melakukan variasi dalam penyajian lagu dan bentuk pertunjukan, seluruh masyarakat ikut melestarikan seni tradisi yang tumbuh dan berkembang di daerahnya dengan mengadakan pementasan rutin, begitu pula agar tradisi upacara panen raya agar tidak hilang begitu saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan, Fungsi Kesenian Dogdog
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:15
Last Modified: 06 May 2014 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item