PENGARUH MODEL GI BERBASIS PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAN 1 SEMARANG


Evi Agustiani Rahayu , 4301409077 (2013) PENGARUH MODEL GI BERBASIS PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL GI BERBASIS PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL GI BERBASIS PRAKTIKUM PADA HASIL BELAJAR MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS X SMAN 1 SEMARANG) - Published Version
Download (37MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang kurang melibatkan siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat mengaktifkan siswa di kelas. Salah satu diantaranya adalah model GI (Group Investigation) berbasis praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model GI berbasis praktikum pada hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Semarang. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMAN 1 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan randomize control-group only design. Teknik sampling yang digunakan random sampling, diperoleh kelas X.10 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran GI berbasis praktikum dan kelas X.11 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Rata-rata hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 88 dan 80. Rata-rata skor total aspek afektif kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 20 dan 24. Rata-rata skor total aspek psikomotorik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 22 dan 19. Sedangkan ketuntasan klasikal berturutturut sebesar 32 dari 32 siswa dan 30 dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran GI berbasis praktikum berpengaruh sebesar 60,2 persen pada hasil belajar siswa materi hidrokarbon

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Hidrokarbon; GI Berbasis Praktikum;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:22
Last Modified: 06 May 2014 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item