PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG


Eka Harum Puspitasari, 2101408019 (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG)
Download (19MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis mempunyai arti yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dalam pembelajaran menulis, salah satu kompetensi dasar yang akan dikaji oleh peneliti adalah kegiatan menulis kembali dongeng. Kompetensi dasar tersebut yang harus ditempuh oleh siswa kelas VII semester I untuk mencapai salah satu tujuan pembelajaran. Melalui kompetensi dasar tersebut siswa diharuskan untuk mampu menulis kembali dongeng dengan bahasanya sendiri. Masalah yang diteliti adalah 1) berapa besar peningkatan keterampilan pembelajaran menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri pada siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah menggunakan media film dongeng cerita rakyat dan 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah mengikuti pembelajaran menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri dengan media film dongeng cerita rakyat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang lazim disebut PTK. Subjek penelitian ini yaitu keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu, 1) keterampilan menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri dan 2) film dongeng cerita rakyat. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa soal tes dan nontes. Soal tes digunakan untuk mengungkapkan data tentang kemampuan menulis kembali dongeng siswa. Soal nontes yang terdiri atas lembar observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengungkapkan perubahan tingkah laku siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kaulitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui skor rata-rata tes kemampuan prasiklus sebesar 46,50 dalam kategori kurang, siklus I sebesar 53,33 dalam kategori cukup setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai 70,50 dengan kategori baik. Terdapat perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng cerita rakyat. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo Temanggung mengalami peningkatan yang lebih baik, yaitu siswa kurang berkonsentrasi menjadi lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng cerita rakyat. Saran dari hasil penelitian ini yaitu pembelajaran menulis kembali dongeng menggunakan media film dongeng cerita rakyat hendaknya dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis kembali dongeng agar siswa dapat menjadi lebih semangat dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penggunaan media film pada materimateri lain, yang dipandang sesuai sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan Menulis, Media Film, Dongeng
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item