EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERFASILITAS MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN


Denis Rahayu Yuna Pratama , 4301409023 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERFASILITAS MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERFASILITAS MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERFASILITAS MULTIMEDIA LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran generatif berfasilitas multimedia learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ungaran. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan secara acak berdasarkan teknik cluster random sampling, setelah populasi dinyatakan berdistribusi normal dan mempunyai homogenitas yang sama. Uji perbedaan rata-rata data posttest kedua sampel menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen sebesar 89,29% dan pada kelas kontrol 76,67%. Analisis terhadap hasil belajar afektif siswa diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 3,60 dan pada kelas kontrol 3,39. Analisis terhadap hasil belajar psikomotor siswa diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 3,13 dan pada kelas kontrol 3,06. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berfasilitas multimedia learning efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Generatif; Multimedia Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:45
Last Modified: 06 May 2014 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item