APLIKASI TEORI ANTRIAN DAN SIMULASI PADA PELAYANAN TELLER BANK
Feri Farkhan , 4150408028 (2013) APLIKASI TEORI ANTRIAN DAN SIMULASI PADA PELAYANAN TELLER BANK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (APLIKASI TEORI ANTRIAN DAN SIMULASI PADA PELAYANAN TELLER BANK)
- Published Version
Download (668kB) | Preview |
Abstract
Antrian adalah sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua pelayanan akan membentuk antrian. Proses antrian dimulai pada saat pelanggan yang memerlukan pelayanan mulai datang, mereka berasal dari suatu populasi yang disebut sebagai sumber masukan. Proses antrian sendiri merupakan suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, menunggu dalam baris antrian jika belum dapat dilayani, dilayani dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut setelah dilayani. Pada tahun akademik baru 2012 ini Unnes mengeluarkan beasiswa Bidik Misi, yaitu beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang kurang mampu dan mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa ini sekitar 1000 orang. Pengambilan beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa baru hanya dapat diambil langsung melalui bank yang ditunjuk Unnes untuk melakukan pelayanan kepada mahasiswa baru, dikarenakan semua mahasiswa baru ini belum memiliki ATM. Jadi mahasiswa baru ini harus datang langsung pada bank yang bersangkutan untuk mengambil beasiswa Bidik Misi tersebut. Dalam rentang waktu tertentu sejumlah mahasiswa baru yang dapat beasiswa Bidik Misi ini mengantri di bank, maka akan terjadi sebuah antrian mahasiwa yang mengambil beasiswa Bidik Misi dengan para pelanggan umum. Penelitian dilakukan pada bank yang diberikan wewenang oleh Unnes untuk pengambilan beasiswa Bidik Misi, pengambilan beasiswa ini berlangsung dari senin 3 September 2012 sampai jumat 7 September 2012, penelitian dilakukan selama 3 hari yang dipilih secara random pada periode sibuk. Penelitian dilaksanakan pada: Rabu 5 September 2012 pada pukul 08.00-11.00 WIB, Kamis 6 September 2012 pada pukul 08.00-11.00 WIB, Jumat 7 September 2012 pada pukul 08.00-11.00 WIB. Data yang diambil pada penelitian ini berupa: waktu kedatangan, waktu mulai pelayanan, dan waktu selesai pelayanan. Dalam penelitian ini dipilih program visual basic untuk membuat simulasi perhitungan pada sistem antrian. Program visual basic dipilih karena bahasa pemrogramannya lebih sederhana dan mudah dipahami dan lebih terstruktur dengan fasilitas yang sangat membantu dalam perakitan program. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: model sistem antrian pada hari Rabu 5 September 2012, Kamis 6 Spetember 2012, dan Jumat 7 September 2012 mengikuti model antrian (G/G/c/~/~), Efektifitas proses pelayanan pelanggan dapat ditentukan dengan menghitung jumlah pelanggan ratarata dalam sistem dan antrian, menghitung waktu rata-rata yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem dan antrian, serta menghitung peluang pelayan tidak sedang melayani pelanggan. Hal ini dapat dilihat pada saat pelayanan tersibuk yaitu pada hari Kamis 6 September 2012 jumlah pelanggan dalam antrian 14 pelanggan tiap menitnya dan dalam sistem 17 pelanggan tiap menitnya, untuk rata-rata waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrian sekitar 14,99 menit untuk setiap pelanggan dan untuk rata-rata waktu yang dihabiskan pelanggan dalam sistem sekitar 18,07 menit untuk setiap pelanggan. dan peluang pelayanan yang tidak sedang melayani pelanggan sebesar 1,4%. Hal ini dapat dikatakan pelayanan pada saat pengambilan beasiswa Bidik Misi sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distribusi General (G/G/c), Sistem Antrian, Simulasi. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2014 17:50 |
Last Modified: | 06 May 2014 17:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19617 |
Actions (login required)
View Item |