PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI LIPIRTUP PADA SISWA KELAS VIII G SMP 2 GEBOG KUDUS


Eka Meirina, 210140825 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI LIPIRTUP PADA SISWA KELAS VIII G SMP 2 GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI LIPIRTUP PADA SISWA KELAS VIII G SMP 2 GEBOG KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI LIPIRTUP PADA SISWA KELAS VIII G SMP 2 GEBOG KUDUS) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisisiswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa merasa kesulitan menemukan ide untuk menulis puisi,puisi yang mereka buat masih panjang-panjang. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Terkadang guru memberikan materi pelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab saja sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Selain itu membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi siswa VIII G SMP 2 Gebog Kudus dalam menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup;(2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisisiswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup; dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudusdalam melaksanakan pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis puisi di kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus dengan menggunakan strategi Lipirtup; (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisisiswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup; dan (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus dalampembelajaran menulis puisi menggunakan menggunakan strategi Lipirtup. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisisiswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudusdengan jumlah 31 siswa terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu,keterampilan menulis puisi dan variabel strategi Lipirtup. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk tes unjuk kerja, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, jurnal guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan strategi Lipirtup. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 69,51 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,55 atau sebesar 19,49% menjadi sebesar 83,06 dan berada dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudus dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara dengan siswa, dan dokumentasi foto. Berdasarkan data hasil nontes siklus I mereka masih belum serius dalam menulis puisi, pada tahap revisi siswa belum aktif dalam pembelajaran, dan masih belum percaya diri menunjukkan hasil karyanya. Pada siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam menulis puisi, siswa aktif dalam pembelajaran, percaya diri dalam menunjukkan hasil karyanya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Lipirtup telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulispuisi siswa kelas VIII G SMP 2 Gebog Kudusdan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan atau menerapkan strategi Lipirtupsebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, strategi Lipirtup
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:03
Last Modified: 05 Dec 2013 10:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item