PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) MELALUI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI YANG BERKAITAN DENGAN REDOKS


Tri Yudi Waluyo Pambudi, 4301408025 (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) MELALUI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI YANG BERKAITAN DENGAN REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) MELALUI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI YANG BERKAITAN DENGAN REDOKS]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) MELALUI SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KOMPETENSI YANG BERKAITAN DENGAN REDOKS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasakan observasi guru menerapkan model pembelajaran konvensional yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tps (think pair share)melalui snowball throwing terhadap hasil belajar siswa, serta berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tps (think pair share)melalui snowball throwing terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tunjungan tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dimana sampel yang digunakan yaitu kelas X1 dan X2. Kelompok eksperimen (X2) menggunakan model pembelajaran kooperatif tps (think pair share)melalui snowball throwing, sedangkan kelompok kontol (X1) menggunakan model pembelajaran kooperatif tps (think pair share)tanpa melalui snowball throwing. Berdasarkan data pretestdan post test terjadipeningkatan nilai kelas eksperimen51% dan pada kelas kontrol 48% dan melalui uji t diperoleh untuk kelas eksperimen 1,2 dan kelas kontrol 0,8 jadi dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas ekperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata hasil belajar, diperoleh thitung (4)> ttabel(1), maka disimpulkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Pada uji ketuntasan belajar, secara klasikal jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan pada kelas eksperimen sebanyak 30 siswa sedangkan pada kelas control sebanyak 27 siswa yang berarti kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar dan kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Uji korelasi diperoleh harga koefisien biserial sebesar 0,579. Rata-rata nilai hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen (83) lebih baik daripada kelas kontrol (75). Rata-rata nilai hasil belajar ranah psikomotorik kelas eksperimen (84) sama baiknya dengan nilai hasil belajar ranah psikomotorik kelas kontrol (72). Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tps ( think pair share) melalui snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas x pada kompetensi yang berkaitan dengan redoks dengan memberikan kontribusi sebesar 33,56%. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah guru kimia hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tps (think pair share)melalui snowball throwingdalam proses pembelajaran sebagai variasi metode mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tps (Think Pair Share), Snowball Throwing, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:55
Last Modified: 06 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item View Item