PEMBELAJARAN INSTRUMEN KEYBOARD PADA SISWA PENYANDANG TUNA DAKSA DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG


Agus Trisnoto, 2503408033 (2013) PEMBELAJARAN INSTRUMEN KEYBOARD PADA SISWA PENYANDANG TUNA DAKSA DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN INSTRUMEN KEYBOARD PADA SISWA PENYANDANG TUNA DAKSA DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN INSTRUMEN KEYBOARD PADA SISWA PENYANDANG TUNA DAKSA DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

YPAC Semarang merupakan lembaga pendidikan formal bagi anak penyandang cacat, baik cacat fisik maupun cacat mental. Dalam proses pembelajarannya anak diberikan materi membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu anak juga diberikan pelajaran seni musik sebagai penunjang pelajaran yang lain salah satunya pembelajaran keyboard pada anak tuna daksa. Meskipun mereka mempunyai keterbatasan fisik tetapi mereka mampu untuk bermain keyboard seperti pada anak normal lainnya. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran instrumen keyboard di YPAC Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran instrumen keyboard pada siswa penyandang tuna daksa di YPAC Semarang. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan bermain keyboard pada siswa tuna daksa, dapat menambah wawasan bagi guru dan peneliti dalam pembelajaran instrumen keyboard pada anak tuna daksa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan mengenai pembelajaran instrumen keyboard pada anak tuna daksa dan faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen, sedangkan pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibilty). Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari sarana prasarana, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran instrumen keyboard di YPAC Semarang berupa keyboard. Materi yang diberikan adalah lagu berjudul “Ayah”. Setelah proses pembelajaran guru melakukan evaluasi, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dalam penguasaan materi, baik memainkan alat dengan satu jari, penguasaan kord dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu faktor pendukung yang meliputi faktor internal dan eksternal dan faktor penghambat yang meliputi siswa dan guru juga berpengaruh dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah kepada YPAC Semarang pembelajaran keyboard seharusnya diampu oleh guru yang sesuai dengan bidangnya, bagi guru pembelajaran keyboard agar semakin kreatif, dan bagi Universitas Negeri Semarang agar menerjunkan mahasiswa PPL di YPAC Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Instrumen keyboard, Anak Penyandang Tuna Daksa
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:55
Last Modified: 06 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item