PEMBELAJARAN VOKAL DI PURWACARAKA MUSIK STUDIO SEMARANG


Widhi Kurnianingsih, 2503406013 (2013) PEMBELAJARAN VOKAL DI PURWACARAKA MUSIK STUDIO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN VOKAL DI PURWACARAKA MUSIK STUDIO SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN VOKAL DI PURWACARAKA MUSIK STUDIO SEMARANG)
Download (23MB) | Preview

Abstract

Menurut hasil pengamatan di lapangan, kemampuan vokal siswa kurang baik dalam penguasaan materi yang ada. Dengan demikian diperlukan kontribusi yang baik antara pernafasan, artikulasi, vibrasi, solfegio, notasi balok, notasi angka, dan lagu itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran vokal di Purwacaraka Studio Musik Semarang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskripsi yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran vokal di Purwacaraka Musik Studio yaitu siswa menjadi lebih berekspresi dalam menyanyikan lagu seperti penguasaan teknik pernafasan, artikulasi, penjiwaan lagu dan pembawaan lagu. Pembelajaran vokal di PCMS dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi sebelum proses pembelajaran dimulai pendidik mempersiapkan sumber belajar seperti partitur vokal, fisik murid dan tempat belajar pun sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian murid berlatih pernafasan dan solmisasi secara acak. Tahap pelaksanaan yaitu setelah murid melakukan latihan pernafasan, kemudian murid diajarkan pemanasan vokal agar bisa mengucapkan artikulasi dengan benar, setelah itu diajarkan vocalizing dengan menggunakan (sol mi sa si) (do re mi fa sol la si do) sesuai urutan atau secara acak. Setelah itu murid diberikan materi latihan vokal sesuai dengan tingkatannya (great) nya, pada saat itu pula murid juga diajarkan cara mengungkapkan teknik-teknik vokal dalam lagu tersebut. Kemudian tahap akhir yaitu evaluasi dari materi yang telah diajarkan para murid di tes satu per satu dalam vokalnya menggunakan materi yang diajarkan seperti : phrasering, vibrato dan penjiwaan lagu. Saran yang diberikan adalah Berdasarkan kesimpulan diatas saran-saran peneliti sebagai berikut : dalam membawakan lagu hendaknya siswa-siswi mengikuti teknik-teknik yang telah di ajarkan oleh guru atau pengajar, meliputi teknik pembelajaran vokal, yaitu teknik artikulasi, pembawaan lagu dan penjiwaan lagu sehingga siswa dapat menyanyikan lagu sesuai dengan teknik yang benar dan pesan dari lagu tersebut dapat tersampaikan sesuai dengan isi atau makna dari lagu tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Vokal
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:40
Last Modified: 07 May 2014 09:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19565

Actions (login required)

View Item View Item