PENERAPAN PERMAINAN SEPAK BOLA MINI DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN 1 PURWOGONDO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
ABDURROKHMAN SOLIKH, 6101407094 (2013) PENERAPAN PERMAINAN SEPAK BOLA MINI DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN 1 PURWOGONDO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PERMAINAN SEPAK BOLA MINI DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN 1 PURWOGONDO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru harus dapat membuat suatu model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dalam proses pembelajaran Penjasorkes di SDN 1 Purwogondo hasilnya masih rendah, meskipun guru yang bersangkutan berusaha mengajar dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan membuat modifikasi permainan, sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang dapat dimodifikasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil dari penerapan model pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi permainan sepak bola di sekolah ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Purwogondo, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi sepak bola. Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu: unjuk kerja (psikomotor) diperoleh hasil sebesar 44,89% dan 46,55% dengan kriteria cukup. Data hasil pengamatan sikap dan perilaku (afektif) adalah 97,36% dan 99,17% dengan kriteria baik. Data hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) sebesar 86% dan 88% dengan kriteria baik. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Penjasorkes dengan modifikasi permainan sepak bola dapat berjalan dengan baik dan diterima baik oleh setiap siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah dengan adanya penelitian penerapan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan sepak bola mini dapat dijadikan alternatif model pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengatasi kekurangan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan, permainan, sepak bola mini |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 12:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 12:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19554 |
Actions (login required)
View Item |