PEMBELAJARAN SENI TARI YANG INTERAKTIF DAN INSPIRATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Siska Yuni Martiningsih, 2502407022 (2012) PEMBELAJARAN SENI TARI YANG INTERAKTIF DAN INSPIRATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI TARI YANG INTERAKTIF DAN INSPIRATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI TARI YANG INTERAKTIF DAN INSPIRATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran seni tari biasanya menjadi kendala di sekolah pada umumnya dengan tidak adanya guru yang berkompeten dibidang tari dan kurangnya waktu yang tersedia menjadikan pembelajaran seni tari kurang efektif. Guru seni tari harus menggunakan pembelajaran yang interaktif dan inspiratif agar siswa selalu aktif dalam mengemukakan dan mengembangkan ide baru yang mereka miliki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran seni tari yang interaktif pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Margasari?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran seni tari yang inspiratif pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Margasari?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Proses pelaksanaan pembelajaran seni tari yang interaktif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Margasari, (2) Proses pelaksnaan pembelajaran seni tari yang inspiratif pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Margasari. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpuan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan lima tahap yaitu reduksi data, klasifikasi data, interpretasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tknik Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Margasari kelas VIII proses pembelajaran interaktifnya berupa keaktifan siswa, perhatian, kekeluargaan, kebebasan, kepercayaan, dan proses pembelajaran inspiratifnya berupa ide, kreativitas, dan motivasi. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) bagi guru seni tari pada umumnya dan khususnya pada siswa VIII di SMP Negeri 1 Margasari agar dapat menekankan pembelajaran seni tari yang interaktif dan inspiratif, (2) bagi Sekolah Menengah Pertama yang belum memberikan pembelajaran seni tari agar mengadakan pembelajaran seni tari, Karen dapat memberikan perubahan tingkah laku pada anak dalam belajar serta dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas yang maksimal, (3) bagi orang tua siswa agar memberikan dorongan dan semangat bagi putra-putrinya untuk selalu giat belajar khususnya pelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Tari, interaktif, inspiratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:43
Last Modified: 07 May 2014 09:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19550

Actions (login required)

View Item View Item