APLIKASI METODE GEOLISTRIK UNTUK MENGETAHUI PENCEMARAN LIMBAH PABRIK DI SEKITAR SUNGAI DI DAERAH GENUK


Nurhidayah , 4250406037 (2013) APLIKASI METODE GEOLISTRIK UNTUK MENGETAHUI PENCEMARAN LIMBAH PABRIK DI SEKITAR SUNGAI DI DAERAH GENUK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI METODE GEOLISTRIK UNTUK MENGETAHUI PENCEMARAN LIMBAH PABRIK DI SEKITAR SUNGAI DI DAERAH GENUK]
Preview
PDF (APLIKASI METODE GEOLISTRIK UNTUK MENGETAHUI PENCEMARAN LIMBAH PABRIK DI SEKITAR SUNGAI DI DAERAH GENUK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan air sebetulnya sudah ada sejak lama, namun intensitas dan frekuensinya semakin besar, meningkat dari waktu ke waktu dengan bertambahnya jumlah penduduk, perluasan kawasan pemukiman, pembukaan lahan-lahan baru, pengembangan kawasan industri, dan lain-lain. Pencemaran air dapat terjadi ketika badan air atau sungai mengalir melalui pori-pori batuan dibawah tanah maupun yang mengalir dipermukaan tanah, hal ini disebabkan karena sifat dan karakteristik air yang mudah melarutkan unsur-unsur kimia tertentu maupun logam-logam berat lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui pencemaran sungai dikawasan LIK. Telah dilakukan penelitian mengenai aplikasi metode geolistrik untuk mengetahui pencemaran limbah di sekitar sungai di daerah Genuk menggunakan metode geolistrik tahanan jenis dengan konfigurasi Schlumberger. Dari hasil pengolahan data diolah menggunakan software Res2Dinv diperoleh air bersih yang tercemar polutan cair pada medium pasir mempunyai nilai resistivitas 1,30-5,59 Ωm, sampah pada medium tanah mempunyai nilai resistivitas 9,51-57,5 Ωm, sampah pada medium campuran pasir dan tanah mempunyai nilai resistivitas 11,2-185 Ωm, sampah pada medium pasir 60,5-593 Ωm. Dari hasil data yang diperoleh, didapatkan nilai resistivitas yang rendah. Artinya semakin kecil resistivitasnya semakin tinggi tingkat pencemarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Limbah, Geolistrik, Tahanan Jenis.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:44
Last Modified: 07 May 2014 09:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item