IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GO GREEN DALAM BENTUK ANIMASI DUA DIMENSI


Luqman Hakim, 2450407034 (2012) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GO GREEN DALAM BENTUK ANIMASI DUA DIMENSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GO GREEN DALAM BENTUK ANIMASI DUA DIMENSI]
Preview
PDF (IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GO GREEN DALAM BENTUK ANIMASI DUA DIMENSI)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam tata surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Bumi merupakan satu-satunya planet tempat tinggal umat manusia. Di bumi yang semakin tercemar ini sebagian masyarakat bermunculan untuk menyerukan tentang arti pentingnya Go Green demi keselamatan bumi di masa mendatang. Go green sendiri adalah gerakan yang dilakukan untuk mengurangi aktivitas/tindakan yang dapat merugikan bumi seperti. Namun sebagian masyarakat agaknya masih saja belum bisa merubah sikap mereka terhadap bumi. Mereka umumnya masih awam dengan Go Green. Diperlukan media lain yang lebih mengena di benak masyarakat sehingga masyarakat lebih memperhatikan tentang isu Go Green. Penulis menggunakan media iklan tayang sebagai alternatif sosialisasi Go Green. Iklan tayang ini dikemas menggunakan animasi. Penggunaan animasi dalam Iklan Layanan Masyarakat ini ditampilkan dalam bentuk animasi dua dimensi (2D). Proses pembuatan karya Proyek Studi ini secara garis besar meliputi lima tahap: (1) Tahap persiapan/Prelimenary (Penelitian pihak klien, Penentuan khalayak sasaran, dan Placement media); (2) Pendanaan (Material, produksi, penayangan); (3) Pra Produksi (Pemilihan alat produksi, pembuatan concept art, pembuatan storyboard); (4) Produksi (Menggambar objek, peletakkan objek, memberi warna dan bayangan pada objek, pembuatan environment, pengisian suara/dubbing, menggerakkan objek/animating, editing); (5) Pasca produksi (DVD burning, pameran). Tiga buah karya Iklan Layanan Masyarakat dua dimensi (2D) telah dibuat oleh penulis. Karya I berjudul “Mimpi Buruk” berdurasi 37 detik dengan jumlah scene 15 scene. Karya II berjudul “Tugas Kita!” berdurasi 1 menit 6 detik dengan jumlah scene 19 scene. Karya III berjudul “Easy Way to Go Green” berdurasi 1 menit 4 detik dengan jumlah scene 27 scene. Ketiga buah animasi tersebut mempunyai format buah karya animasi tersebut menggunakan dimensi video 720x576, menggunakan standar DVD PAL. Pesan yang disampaiakan dalam karya Iklan Layanan Masyarakat ini mengandung persuasi tentang ajakan untuk melakukan aktivitas Go Green. Dengan menciptakan animasi Iklan Layanan Masyarakat dua dimensi (2D) ini, penulis telah mengaplikasikan mata kuliah yang telah di dapat di bangku perkuliahan maupun di luar perkuliahan. Mata kuliah seperti, Nirmana, Desain Komunikasi Visual, Komputer Grafis, dan mata kuliah lainnya. Selain itu penulis mendapatkan penambahan dan pendalaman ilmu serta materi, seperti cara memproduksi animasi dua dimensi (2D) dan teknik dalam mengerjakan animasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Go Green, Animasi.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:37
Last Modified: 07 May 2014 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19509

Actions (login required)

View Item View Item