PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PANTAI KARTINI JEPARA


Muhammad Hasanudin, 2450406016 (2013) PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PANTAI KARTINI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PANTAI KARTINI JEPARA]
Preview
PDF (PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PANTAI KARTINI JEPARA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pantai Kartini sebagai tempat pariwisata memiliki potensi alam yang sangat bagus. Kawasan wisata Pantai Kartini telah memiliki beragam fasilitas yang menarik bagi pengunjung antara lain: akuarium raksasa, dermaga, gardu pandang dan sebagainya. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk mengangkat dan mempromosikan pariwisata bahari Pantai Kartini Jepara sebagai subjek proyek studi dengan tujuan untuk mengenalkan wisata pantai Kartini Jepara kepada masyarakat dengan media poster. Poster berfungsi menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmati pariwisata Pantai Kartini Jepara dengan berbagai macam fasilitasnya. Tujuan pembuatan poster ini yaitu penulis ingin menciptakan rancangan poster yang mampu berperan sebagai salah satu media alternatif untuk meningkatkan pariwisata Pantai Kartini Jepara. Sedangkan manfaatnya yaitu dapat dijadikan acuan sebagai media promosi untuk meningkatkan serta mengembangkan eksistensi pariwisata Pantai Kartini Jepara dan media informasi dan komunikasi tentang pariwisata Pantai Kartini Jepara. Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi yang bertujuan menyampaikan pesan dan gagasan secara visual ke khalayak dengan daya kreatif melalui berbagai media, salah satunya adalah poster. Poster adalah gambar pada selembar kertas yang pada umumnya berukuran besar dan pemasangannya ditempel atau dipajang kepada khalayak di tempat umum dengan gambar atau tulisan yang menonjol. Desain poster media promosi sangat erat kaitannya dengan unsur-unsur visual dan prinsip-prinsip desain. Konsep karya pada poster promosi Pantai Kartini adalah dengan mengambil dan mencari contoh dan bentuk desain poster promosi pariwisata sebagai referensi yang relevan untuk penulis. Data-data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan aplikasi software Photoshop dan Corel Draw dan dijadikan ide kreatif oleh penulis dalam membuat desain poster pariwisata. Dalam proyek studi ini penulis menyajikan tiga belas karya poster dengan ukuran 42 x 29,7 cm (A3). Dibuat dengan memperhatikan aspek teknis, estetis, dan komunikasi. Dengan adanya poster sebagai media promosi Pantai Kartini Jepara, bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara diharapkan agar lebih meningkatkan promosi obyek wisata terutama wisata bahari yang berada di kota Jepara ini ke seluruh masyarakat Indonesia maupun mancanegara karena karya desain poster dalam proyek studi ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat dipakai sebagai media promosi ke masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perancangan, poster promosi pariwisata
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:37
Last Modified: 07 May 2014 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19505

Actions (login required)

View Item View Item