EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK INDOOR DAN OUTDOOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG PURBALINGGA
Tias Ellsa Arqinila, 2401408044 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK INDOOR DAN OUTDOOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK INDOOR DAN OUTDOOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG PURBALINGGA)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran gambar bentuk, aspek perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran perlu dilakukan secara maksimal agar nantinya tujuan dapat tercapai sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dalam hal ini berkenaan dengan materi gambar bentuk guru dapat menggunakan pembelajaran dengan indoor atau outdoor. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, (2) hasil pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, (3) perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk antara indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII C untuk pembelajaran gambar bentuk indoor dan kelas VII G untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan kegiatan pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. Kedua, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran gambar bentuk indoor nilai total 2857, rata-rata 79,35. Untuk hasil evaluasi gambar bentuk outdoor nilai total 2861, rata-rata 79,47. Ketiga, perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor. Berdasarkan nilai hasil evaluasi pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor diketahui adanya perbedaan yang sangat tipis yakni total nilai (outdoor 2861-indoor 2857= selisih 4) jumlah rata-rata (outdoor 79,47- indoor 79,35= selisih 0,12), ketuntasan hasil belajar siswa baik pembelajaran gambar bentuk indoor maupun outdoor sama-sama mencapai100%. Dilihat dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh informasi bahwa pembelajaran gambar bentuk outdoor lebih diminati jika dibandingkan dengan pembelajaran gambar bentuk indoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pembelajaran gambar bentuk indoor yang menunjukkan 41,11% siswa memilih jawaban “a” dengan memberikan tanggapan sangat baik sebagai contoh pada soal poin 1, siswa menjawab sangat suka untuk pertanyaan ”apakah anda menyukai mata pelajaran seni rupa sub konsep gambar Dalam pembelajaran gambar bentuk, aspek perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran perlu dilakukan secara maksimal agar nantinya tujuan dapat tercapai sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dalam hal ini berkenaan dengan materi gambar bentuk guru dapat menggunakan pembelajaran dengan indoor atau outdoor. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, (2) hasil pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, (3) perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk antara indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga, sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII C untuk pembelajaran gambar bentuk indoor dan kelas VII G untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan kegiatan pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. Kedua, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran gambar bentuk indoor nilai total 2857, rata-rata 79,35. Untuk hasil evaluasi gambar bentuk outdoor nilai total 2861, rata-rata 79,47. Ketiga, perbedaan efektivitas pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor. Berdasarkan nilai hasil evaluasi pembelajaran gambar bentuk indoor dan outdoor diketahui adanya perbedaan yang sangat tipis yakni total nilai (outdoor 2861-indoor 2857= selisih 4) jumlah rata-rata (outdoor 79,47- indoor 79,35= selisih 0,12), ketuntasan hasil belajar siswa baik pembelajaran gambar bentuk indoor maupun outdoor sama-sama mencapai100%. Dilihat dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh informasi bahwa pembelajaran gambar bentuk outdoor lebih diminati jika dibandingkan dengan pembelajaran gambar bentuk indoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pembelajaran gambar bentuk indoor yang menunjukkan 41,11% siswa memilih jawaban “a” dengan memberikan tanggapan sangat baik sebagai contoh pada soal poin 1, siswa menjawab sangat suka untuk pertanyaan ”apakah anda menyukai mata pelajaran seni rupa sub konsep gambar viii bentuk?”, sedangkan untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor diketahui 53% siswa memilih jawaban “a” yang memberikan tanggapan sangat baik, sebagai contoh pada soal poin 1, siswa menjawab sangat suka untuk pertanyaan ”apakah anda menyukai mata pelajaran seni rupa sub konsep gambar bentuk?”. Kemudian dari hasil wawancara dengan guru seni rupa dinyatakan bahwa siswa memberikan respon yang cukup baik terutama pada pembelajaran gambar bentuk outdoor, karena siswa terlihat lebih antusias mengikuti pembelajaran gambar bentuk outdoor dibanding pembelajaran gambar bentuk indoor. Saran bagi guru, pertama sebaiknya guru tidak hanya melakukan pembelajaran gambar bentuk di dalam kelas saja (indoor) sebagai variasi guru juga dapat mencoba dengan pembelajaran gambar bentuk (outdoor) atau di luar kelas dengan mempertimbangan situasi dan kondisi seperti cuaca, tingkat kebisingan kemudian sarana dan prasarana. Kedua untuk pembelajaran gambar bentuk indoor dengan penataan tempat duduk guru sebaiknya menggunakan kelas dengan tempat duduk yang mudah diatur atau diubah-ubah, penempatan siswa sebaiknya sesuai dengantinggi badan. Selanjutnya untuk pembelajaran gambar bentuk outdoor guru sebaiknya menyediakan papan tulis berukuran sedang untuk menjelaskan apabila pada saat proses berkarya siswa masih bingung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Gambar Bentuk, Pembelajaran Indoor dan Outdoor. |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 11:39 |
Last Modified: | 07 May 2014 11:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19496 |
Actions (login required)
View Item |