PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KELOMPOK BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PANTIANOM KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN


SURAJI, 6101911118 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KELOMPOK BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PANTIANOM KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KELOMPOK BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PANTIANOM KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KELOMPOK BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 PANTIANOM KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permainan bola voli merupakan permainan yang dapat dimodifikasi. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan dan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum dapat melakukan permainan bola voli dengan benar, hasil belajar tidak maksimal, kurangnya minat anak terhadap permainan bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar Bola Voli melalui Metode Kelompok Bermain pada Siswa Kelas IV SDN 02 Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar permainan bola voli melalui metode kelompok bermain pada siswa kelas IV SDN 02 Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode penelitian meliputi 5 hal, yaitu Pertama subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, yang berjumlah 16 anak, kedua Objek penelitian menggunakan metode kelompok bermain, ketiga waktu penelitian pada semester dua Tahun pelajaran 2012/2013, keempat lokasi penelitian yaitu di SDN 02 Pantianom yang terletak di desa Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. kelima tekhnik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, tes langsung, instrumen penelitian meliputi silabus dan RPP, analisis data menggunakan rumus prosentase. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang 2 siklus. Hasil PTK ini didapat hasil belajar bola voli menggunakan metode kelompok bermain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari peningkatan rata-rata setiap pertemuan maupun nilai ketuntasan hasil belajar, ratarata siklus I (70,52) atau 9 siswa (56,25%) dan rata-rata siklus II (80,98) atau 14 anak (87,50%) Sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 31,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode kelompok bermain dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas IV SDN 02 Pantianom Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, dengan kriteria tuntas. Saran penelitian ini adalah apabila terjadi permasalahan yang sama maka metode ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode belajar kelompok
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:41
Last Modified: 07 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item