ILUSTRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH WAYANG DALAM BENTUK BUKU POP-UP


Akhmad Kuncoro, 2401408021 (2013) ILUSTRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH WAYANG DALAM BENTUK BUKU POP-UP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ILUSTRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH WAYANG DALAM BENTUK BUKU POP-UP]
Preview
PDF (ILUSTRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH WAYANG DALAM BENTUK BUKU POP-UP)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Wayang merupakan hasil budaya yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter dan tauladan. Kisah dalam wayang dapat menjadi contoh yang baik dalam rangka pembinaan karakter dalam dunia pendidikan. Nilai-nilai dalam pewayangan terutama terkait dengan karakter tokoh-tokohnya dapat diangkat menjadi tema yang menarik dalam ungkapan karya ilustrasi buku pop-up, dengan tujuan: (1) menuangkan gagasan serta kreativitas penulis mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah wayang menjadi karya ilustrasi buku pop-up, (2) mengangkat kisah Kumbakarna dan kisah Wahyu Cakraningrat ke dalam karya seni ilustrasi buku pop-up, (3) menghasilkan karya berupa 2 buah buku pop-up dengan kisah Kumbakarna dan Wahyu Cakraningrat. Media yang digunakan adalah digital print dengan kertas ivory 230 gsm, dengan potongan dan lipatan yang membentuk cerita yang memiliki dimensi ruang dan gerak. Teknik manual digunakan pada proses sket gambar dan pembuatan desain awal, kemudian teknik digital pada proses pewarnaan dengan menggunakan software Adobe Photosop CS3 dan Coreldraw X4. Karya yang dihasilkan berjumlah dua buah buku pop-up tentang kisah Kumbakarna dan Wahyu Cakraningrat dengan ukuran 20 cm x 27 cm, masing-masing buku terdiri atas 2 halaman cover, 1 halaman pembuka, 1 halaman perkenalan, dan 7 halaman pop-up. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan realistis yang sosok tokohnya dapat dikenali dari atribut wayang yang dipakai. Simpulan dari proyek studi ini ialah melalui karya seni ilustrasi, terutama buku pop-up dapat digunakan untuk mengilustrasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kisah wayang yang diangkat berdasarkan kisah Kumbakarna dan Wahyu Cakraningrat, sekaligus mengenalkan wayang pada anak. Nilai-nilai pendidikan karakter utama yang diangkat dari kisah Kumbakarna adalah nilai semangat kebangsaan dan nilai cinta tanah air, sedangkan pada kisah Wahyu Cakraningrat adalah toleransi dan peduli sosial. Dalam penciptaan buku pop-up dapat dikembangkan lebih bervariasi dari sistem pop-up yang ada, dengan bahan kertas yang lebih berkualitas baik. Meskipun sasaran utama buku pop-up ini adalah anak-anak, buku ini dapat digunakan orang tua atau guru sebagai media penanaman pendidikan karakter dan pengenalan wayang pada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ilustrasi, pendidikan karakter, wayang, pop-up
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:43
Last Modified: 07 May 2014 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item View Item