KOMIK BANJARAN GATOTKACA DALAM CHIBI CHARACTER SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK


Ruri Widyatama, 2401407067 (2013) KOMIK BANJARAN GATOTKACA DALAM CHIBI CHARACTER SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMIK BANJARAN GATOTKACA DALAM CHIBI CHARACTER SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK]
Preview
PDF (KOMIK BANJARAN GATOTKACA DALAM CHIBI CHARACTER SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK)
Download (38MB) | Preview

Abstract

Wayang berperan dalam pendidikan moral, budi pekerti, mental dan watak (karakter). Pendidikan karakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa dan diharapkan menjadi pondasi utama dalam membentuk manusia berkualitas. Mengingat pentingnya pendidikan karakter, penulis memberikan alternatif media yang lebih disukai anak yaitu media komik. Penulis memilih jenis karya buku komik dengan pertimbangan beberapa dekade ini komik Indonesia mati suri padahal keberadaannya yang beredar massal, mudah dimengerti dan diterima segala lapisan masyarakat, terutama anak-anak. Penulis memiliki tujuan untuk menuangkan ide serta kreativitas dalam penyusunan karya buku komik Banjaran Gatotkaca dalam chibi character dan menghasilkan karya komik, berbentuk desain buku komik berukuran A4 dengan 70-an halaman. Penulis menggunakan teknik hybrid, teknik tersebut adalah gabungan antara teknik tradisional (manual) dengan teknik digital. Peralatan manual yang digunakan adalah pensil, drawing pen, karet penghapus, rautan, cutter, penggaris serta dilengkapi dengan peralatan digital berupa scanner dan komputer sedangkan bahan yang digunakan adalah kertas gambar ukuran A4 untuk sket dan kertas HVS ukuran A4 untuk karya jadi. Tahapan proses berkarya dimulai dari gagasan, pengumpulan data, reduksi data, pembuatan storyboard, karakter cerita, sket, penintaan, scanning, editing dan penulisan teks, penyusunan halaman dan pencetakan karya. Dalam proyek studi ini, penulis berhasil membuat karya komik Banjaran Gatotkaca yang menceritakan tokoh Gatotkaca dari lahir hingga mati. Komik tersebut menggunakan karakter chibi, terdiri 6 chapter dengan total 76 halaman. Penggunaan karekter chibi yang bersifat imut (cute), lucu sesuai untuk anak-anak sehingga penerapan pendidikan karakter bagi anak dapat dilakukan dengan mengajarkan karakter pada anak dan memberikan keteladanan melalui komik Banjaran Gatotkaca. Penulis berharap karya komik dapat menjadi media alternatif untuk mewujudkan/membentuk karakter anak, diharapkan dapat digunakan sebagai desain komik yang nantinya dapat diterbitkan, serta untuk yang berminat membuat komik dengan chibi character dapat membuatnya dengan menggunakan tokoh lain dan dapat dibuat dalam format berwarna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik, banjaran Gatotkaca, chibi character, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:44
Last Modified: 07 May 2014 11:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item