PENERAPAN BERMAIN BASOVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JUMO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Daniel Waskitho Adhi, 6101911061 (2013) PENERAPAN BERMAIN BASOVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JUMO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN BERMAIN BASOVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JUMO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN BERMAIN BASOVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JUMO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Penjasorkes khususnya pada materi passing bawah bola voli, masih banyak siswa yang belum menguasai gerakan dengan baik sehingga banyak yang mendapat nilai kurang dari KKM. Dari hasil belajar passing bawah semester I dari 41 siswa hanya 16 siswa atau 36% yang tuntas KKM, berdasarkan hasil observasi diketahui penyebab kurangnya hasil belajar siswa adalah faktor pembelajaran yang monoton dan menjenuhkan bagi anak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian Pendekatan Bermain Basovi untuk meningkatkan hasil belajar Passing bawah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jumo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam dua siklus tersebut pada setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Jumo Kec. Kedungjati Kabupaten Grobogan yang berjumlah 41 siswa, terdiri dari 27 putra dan 14 putri. Teknik analisa data yang digunakan adalah Prosentase dan Instrumen test passing bawah pada permainan Basovi. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui penerapan bermain basovi ketercapaian materi aspek koqnitif mencapai 82%, aspek afektif mancapai 72%, aspek psikomotor 78%, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 76 dari sebelumnya 68, namun ketuntasan kelas hanya mencapai 63% saja. Sehingga dinyatakan bahwa pada siklus I pembelajaran belum berhasil. Sedangkan pada siklus II ketercapaian materi aspek koqnitif mencapai 87%, aspek afektif mencapai 74%, aspek psikomotor 86%, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84 dan prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai 85%. Sehingga pada siklus II pembelajaran dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil. Dengan demikian tindakan Penerapan Bermian Basovi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jumo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan Basovi pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bolavoli, Hasil belajar, Basovi, Sekolah Dasar, kelas V
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:51
Last Modified: 07 May 2014 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item View Item