PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN PERMAINAN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PUWOSARI 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013.


PANJIMAS, 6101911032 (2013) PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN PERMAINAN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PUWOSARI 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN PERMAINAN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PUWOSARI 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013.]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN PERMAINAN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI PUWOSARI 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

ii ABSTRAK Panjimas 2013. Pembelajaran Lempar Turbo Mengunakan Permainan Lempar Sasaran Siswa Kelas IV SD Negeri Purwosari 01 Kecamatan Kota Semarang 2012 /2013. Sekripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dr.H.Sulaiman, M.Pd. Pembimbing II : Dra. Anirotul Qoriah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar, lempar turbo, pendekatan permainan lempar sasaran Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah ketrampilan lempar turbo siswa kelas IV SD Negeri Purwosari 01 yang masih rendah ditandai presentase anak yang mampu melakukan lempar turbo hanya 38,39%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan pendekatan permaianan lempar sasaran dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo siswa kelas IV SD Negeri Purwosari 01 tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data tes dan observasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Purwosari 01 tahun pelajaran 2012 / 2013 sebanyak 28 siswa. Tehnik pengumpulan data meliputi tes praktik lempar turbo, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan mengunakan permainan lempar sasaran hasil siswa meningkat. Pada siklus I sebesar 60% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II sebesar 82% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Hal tersebut menjadi bukti peningkatan hasil belajar siswa karena sudah banyak yang melampui KKM yang ditetapkan Simpulan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran penjasorkes materi lempar turbo dengan menggunakan pendekatan permainan lempar sasaran dapat meningkatkan ketrampilan lempar turbo kelas IV SD Negeri Purwosari 01 tahun pelajaran 2012/2013. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) Pendekatan permainan lempar sasaran dapat menjadi alternatif bagi penjasorkes untuk diterapkan pada materi lempar turbo, (2) Guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lempar turbo, pendekatan permainan lempar sasaran
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:54
Last Modified: 07 May 2014 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item