UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN STRIKER VS BACK IN FOUR GOAL TARGET PADA SD NEGERI JATIPURWO KELAS V KEC. ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN 2013


RUDJIJANTO, 6101911030 (2013) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN STRIKER VS BACK IN FOUR GOAL TARGET PADA SD NEGERI JATIPURWO KELAS V KEC. ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN STRIKER VS BACK IN FOUR GOAL TARGET PADA SD NEGERI JATIPURWO KELAS V KEC. ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN STRIKER VS BACK IN FOUR GOAL TARGET PADA SD NEGERI JATIPURWO KELAS V KEC. ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN 2013)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil dari pengamatan dalam pembelajaran di sekolah dasar ditemukan permasalahan yaitu kurang menariknya metode pembelajaran sepak bola. Permasalahan itu menjadi landasan penelitian yang bertujuan hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran penjasorkes melalui media permainan striker vs back in four goal target pada siswa kelas V SDN Jatipurwo Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek seluruh siswa kelas V SDN Jatipurwo Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal yang berjumlah 28 siswa dengan siswa perempuan 17 dan siswa laki-laki 11. Obyeknya yaitu Upaya peningkatan hasil belajar sepak bola melalui permainan striker vs back in four goal target pada SD Negeri Jatipurwo Kelas V Kec. Rowosari Kab Kendal tahun 2013. Waktu penelitian di laksanakan dalam siklus 1 dan 2 dengan prosedur penelitian dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di lapangan Desa Jatipurwo Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data berupa pengumpulan informasi, dari informasi tentang ranah kognitif, afektif, psikomotor. Instrumen penelitian menggunakan, RPP, lembar observasi, siswa, dan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan analisis nilai tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan indikasi perbaikan proses pembelajaran berdasarkan lembar penilaian observasi dari ahli dan guru penjasorkes, dan lembar dari penilaian siswa menunjukkan hasil yang baik dengan tingkat keberhasilan pada siklus I 75% dan siklus II 93% dari ketuntasan dengan KKM 75. Dilihat dari hasil pada siklus I dan II peningkatan mencapai 18 % dinyatakan sudah menunjukkan peningkatan pembelajaran yang tinggi. Berdasarkan data diatas dapat diambil kesimpulan pembelajaran sepak bola melalui permainan striker vs back in four goal target sudah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disarankan pembelajaran penjasorkes melalui striker vs back in four goal target dapat dipakai sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran penjaskorkes khususnya sepak bola. Semoga di masa yang akan datang metode yang diterapkan ini dapat dikembangkan lagi menjadi lebih baik dan mengahasilkan pembelajaran yang berkualitas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sepakbola, permainan modifikasi, penjasorkes,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:54
Last Modified: 07 May 2014 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19450

Actions (login required)

View Item View Item