PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 WADAS KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Lilik Novita Prasetyanti, 6101911028 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 WADAS KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 WADAS KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 WADAS KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah keterampilan tolak peluru siswa kelas V SDN 2 Wadas yang masih rendah ditandai persentase anak yang mampu melakukan tolak peluru hanya 67%. Apakah melalui modifikasi permainan bola berekor dapat meningkatkan efektifitas belajar tolak peluru siswa kelas V SDN 2 Wadas tahun pelajaran 2012 / 2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran melalui modifikasi permainan bola berekor dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa kelas V SDN 2 Wadas tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Wadas tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik tolak peluru, lembar observasi pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 16% siswa mampu melakukan tolak peluru dengan benar. Dengan menggunakan metode latihan bertahap, hasil siklus I menunjukkan bahwa 67% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 75,58%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 92% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 88,83%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui modifikasi permainan bola berekor dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa kelas V SDN 2 Wadas tahun pelajaran 2012/2013. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) modifikasi permainan bola berekor dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi tolak peluru, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modifikasi permainan bola berekor dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru siswa kelas V SDN 2
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:07
Last Modified: 07 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item